Peringatan Keras dari Kapolres untuk 3 Pemeras Para Tamu Hotel yang Masih Buron

Peringatan Keras dari Kapolres untuk 3 Pemeras Para Tamu Hotel yang Masih Buron
Kapolres Bogor AKBP Harun di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Foto: ANTARA/M Fikri Setiawan

jpnn.com, CILEUNGSI - Kapolres Bogor AKBP Harun memastikan pihaknya masih memburu tiga wartawan bodong berinisial FS, FBS dan HS, yang melakukan pemerasan terhadap sejumlah tamu hotel.

"Dua dari lima tersangka sudah kami tangkap. Sedangkan tiga tersangka lainnya masih DPO," ungkap Kapolres Bogor, AKBP Harun saat dihubungi, Minggu (3/10).

Pihaknya menetapkan lima tersangka pemerasan di wilayah Cileungsi, Kabupaten Bogor. Dua tersangka lainnya sudah diamankan, yakni pria berinisial JES (45) dan JN (46).

Kelima tersangka tersebut diketahui sudah beraksi sedikitnya 37 kali di enam daerah berbeda dengan hasil pemerasan terhadap korban-korbannya mencapai Rp500 juta.

"Pelaku sudah melakukan aksi tersebut di beberapa TKP enam daerah yaitu Bogor Kota, Depok, Bekasi, Karawang, Jakarta Timur dan Kabupaten Bogor. Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Bogor, ada delapan kecamatan, yaitu Cileungsi, Gunungputri, Cibinong, Citereup, Sukaraja, Cisarua, Megamendung dan Ciawi," beber Harun.

Dalam melancarkan aksinya, para tersangka menggunakan modus dengan cara mengawasi beberapa korbannya untuk mencari-cari kesalahan korban. Setelah itu, tersangka mengancam dan melakukan pemerasan.

"Kalau tidak memberikan uang, pelaku mengancam akan disebarkan di medianya. Untuk para sasaran korbannya ialah ASN, kemudian ada beberapa profesi, dan BUMN, itu yang menjadi sasaran dari tersangka," ujarnya.

Selain modus tersebut, para tersangka juga menggunakan modus mendatangi langsung korbannya. Tersangka biasanya menanyakan soal anggaran dan kemudian menakut-nakuti dengan maksud memeras.

Kapolres Bogor AKBP Harun memastikan pihaknya masih memburu tiga wartawan bodong berinisial FS, FBS dan HS, yang melakukan pemerasan terhadap sejumlah tamu hotel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News