Peringatan Penting dari WHO, Ya Ampun, Semoga Seluruh Manusia di Dunia Kuat dan Sabar

Peringatan Penting dari WHO, Ya Ampun, Semoga Seluruh Manusia di Dunia Kuat dan Sabar
Petugas kamar mayat memindahkan jenazah seseorang di panti jompo di tengah pandemi virus corona (COVID-19), di Brussels, Belgia, Selasa (14/4/2020). Foto: ANTARA FOTO/REUTERS/Yves Herman/ AWW/djo

jpnn.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali mengingatkan bahwa pandemi virus corona jenis baru COVID-19 masih jauh dari selesai.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta negara-negara di dunia untuk terus menemukan, mengisolasi, mengetes dan merawat setiap kasus serta melacak setiap kontak untuk memastikan tren penurunan kasus COVID-19 terus berlangsung.

"Saya ulangi, pandemi jauh dari selesai," kata Tedros dalam konferensi pers secara live streaming di Genewa, Swiss, yang diakses dari Jakarta, Senin (27/4) malam.

Menurut dia, WHO masih prihatin terjadinya peningkatan kasus infeksi virus Corona tipe baru di sejumlah negara di Afrika, Eropa Timur, Amerika Latin dan beberapa negara di Asia.

Banyak kasus yang tidak terlaporkan di wilayah tersebut disebabkan rendahnya kapasitas melakukan tes.

Karenanya WHO akan terus memberikan dukungan peningkatan kapasitas dan menyuplai peralatan uji tersebut melalui penerbangan solidaritas, dan lebih dari 40 negara di Afrika akan menerimanya.

Selain itu, Tedros juga mengatakan akan mengirim alat pelindung diri (APD) ke sekitar 105 negara dan perlengkapan laboratorium ke sekitar 127 negara. Bantuan-bantuan tersebut akan mulai dikapalkan minggu depan.

Estimasi kebutuhan tenaga medis juga dilakukan. WHO, ujar dia, berkomitmen melakukan apa saja untuk membantu.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyampaikan pernyataan mengenai kapan pandemi virus corona COVID-19 berakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News