Peringatan Serius BMKG, Bencana Hidrometeorologi Mengintai Wilayah Ini, Waspada!

Peringatan Serius BMKG, Bencana Hidrometeorologi Mengintai Wilayah Ini, Waspada!
Ilustrasi bencana hidrometeorologi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAYAPURA - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) wilayah V Jayapura menyampaikan peringatan serius terkait potensi bencana hidrometerologi di wilayah tersebut.

Prakirawan BMKG wilayah V Jayapura Finnyalia Napitupulu mengimbau kepada warga di Bumi Cenderawasih selalu waspada terhadap bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan tanah longsor.

Saat ini, hhampir sebagian besar Papua telah memasuki musim penghujan.

“BBMKG memprediksi untuk wilayah pemantauan kami yang masuk musim penghujan, yakni Papua Induk, Papua Pegunungan dan Papua Selatan,” kata Finnyalia.

Menurut Finnyalia, Papua induk ada kota dan Kabupaten Jayapura serta Kabupaten Keerom, lalu Papua Selatan di Kabupaten Merauke dan Papua Pegunungan di Kabupaten Jayawijaya yang puncak musim hujan berlangsung hingga Februari 2023.

“Kami juga mengingatkan agar selalu waspada dengan pohon tumbang, baliho apalagi saat berada di jalan,” pesannya.

Dia juga menyampaikan potensi kerusakan lahan pertanian karena curah hujan yang lebat dalam sepekan ke depan, terutama di wilayah Papua Tengah di Nabire dan Mimika dan Papua Selatan Kabupaten Asmat, Mappi dan Merauke.

“Terutama bagi warga yang tinggal di lereng bukit tetap terus waspada dengan memperhatikan kondisi sekitar dan selalu mengupdate kondisi cuaca setiap harinya,” pesan Finnyalia.

BBMKG Wilayah V Jayapura mengimbau kepada masyarakat di daerah tersebut mengingat potensi bencana Hidrometeorologi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News