Peringati Hardiknas 2022, Kemendikbudristek: Hubungan Kebudayaan dan Pendidikan Sangat Penting

Peringati Hardiknas 2022, Kemendikbudristek: Hubungan Kebudayaan dan Pendidikan Sangat Penting
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. Foto: Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mempimpin upacara peringatan Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022 di halaman kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Senayan, Jakarta.

Dia mengatakan bahwa semangat berbudaya para seniman dan pelaku budaya kian bangkit.

“Itu semua berkat kegigihan kita untuk merdeka dalam berbudaya. Dampaknya, sekarang tidak ada lagi batasan ruang untuk berekspresi, terus menggerakkan pemajuan kebudayaan,” kata Menteri Nadiem dalam pidatonya di hadapan peserta upacara di Jakarta, Jumat (13/5).

Senada dengan Mendikbudristek, Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid berharap agar Hardiknas menjadi momen kebangkitan yang digunakan sepenuhnya oleh para seniman dan pelaku budaya.

“Hubungan kebudayaan dengan pendidikan sangat penting, karena kebudayaan adalah sumber belajar sekaligus tujuan pembelajaran," ujarnya.

Dia menilai masyarakat harus bisa menigkatkan nilai kebudayaan.

"Untuk generasi muda teruslah kenali negerimu, kenali budayamu, supaya kecintaan terhadap budaya itu bertambah,” pesannya.

Para peserta upacara di lingkungan Kemendikbudristek terdiri atas jajaran pejabat dan staf Kemendikbudristek, perwakilan peserta didik, dan mahasiswa.

Kemendikbudristek berharap agar Hardiknas menjadi momen kebangkitan yang digunakan sepenuhnya oleh para seniman dan pelaku budaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News