Peringati Hardiknas, Puan: Pesan Ki Hajar Dewantara Selalu Relevan

Peringati Hardiknas, Puan: Pesan Ki Hajar Dewantara Selalu Relevan
Puan Maharani saat masih menjabat Menko PMK pada peringatan Hardiknas di Bengkulu beberapa waktu lalu. Ilustrasi. Foto: Kemenko PMK for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada seluruh insan pendidik dan peserta didik seluruh Indonesia.

Di momen Hardiknas yang tepat jatuh pada hari ini, Senin (2/5/2022), Puan menyampaikan harapan agar pendidikan Indonesia bisa makin maju.

Dia menilai kunci majunya pendidikan tak hanya ada pada pemerintah, guru atau pun siswa didik, namun seluruh elemen bangsa.

Hal ini sesuai semangat yang digaungkan bapak pendidikan Ki Hajar Dewantara.

“Ki Hajar Dewantara pernah menyampaikan bahwa setiap orang bisa menjadi guru dan setiap rumah bisa menjadi sekolah. Itu artinya pendidikan dapat dilakukan di mana pun, kapan pun dan oleh siapa pun,” kata Puan, Senin (2/5/2022).

Puan mencontohkan orang tua di rumah juga bisa berperan mengajarkan anaknya. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, sekolah dapat digelar secara daring.

Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting bagi perkembangan setiap anak.

“Harus diingat bahwa guru pertama anak adalah oleh orang tuanya,” kata Puan.

Puan menilai kunci majunya pendidikan tak hanya ada pada pemerintah, guru atau siswa didik, namun seluruh elemen bangsa. Ini sesuai pesan Ki Hajar Dewantara..

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News