Peringati Hari Hepatitis Sedunia, Kemenkes Luncurkan Dashboard Baru

Peringati Hari Hepatitis Sedunia, Kemenkes Luncurkan Dashboard Baru
Pasien hepatitis di rumah sakit. Foto : JPG/Pojokpitu

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan dashboard untuk program Hepatitis C pada peringatan Hari Hepatitis Sedunia 2021, Rabu (28/7).

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Siti Nadia Tarmizi meresmikan peluncuran dashboard tersebut mewakili Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu.

"Secara resmi, kami luncurkan bersama dashboard program Hepatitis C," kata Nadia dalam pembukaan webinar peringatan Hari Hepatitis Sedunia, Rabu (28/7).

Nadia menjelaskan dashboard ini berisi data-data capaian program Hepatitis C yang disajikan secara visual agar mudah dipahami.

Dashboard tersebut, lanjut Nadia, juga berisi informasi terkait akses pengobatan menggunakan Direct Acting Antiviral (DAA).

"Dashboard ini juga akan membantu para pemegang program hepatitis di tiap daerah untuk mengetahui data capaian program Hepatitis C di wilayahnya secara cepat dan sebagai dasar untuk melakukan pemantauan, evaluasi, serta perencanaan program berbasis data yang akurat," tutur Nadia.

Menurutnya, perencanaan yang baik, strategi terfokus, pemantauan, dan evaluasi program bisa merealisasikan target eliminasi hepatitis.

Perlu diketahui, dashboard Hepatitis C ini bisa diakses melalui situs http://sihepi.kemkes.go.id/.(mcr9/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Kemenkes meluncurkan dashboard untuk program Hepatitis C pada peringatan Hari Hepatitis Sedunia 2021.


Redaktur : Friederich
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News