Peringati Hari Ibu di Raja Ampat, Jokowi Puji Mama Papua

Peringati Hari Ibu di Raja Ampat, Jokowi Puji Mama Papua
Presiden Jokowi bersama Menlu Retno Marsudi, Menteri PPPA Yohana Yembise, Menko PMK Puan Maharani, Menteri LHK Siti Nurbaya dan Menkes Nila F Moeloek pada PHI ke-89 di Raja Ampat, Jumat (22/12). Foto: Humas Kementerian PPPA

jpnn.com, RAJA AMPAT - Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-89 Tahun 2017 yang dipusatkan di Lapangan Waisai Torang Cinta (WTC), Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Jumat (22/12) berlangsung sangat meriah. Acara yang dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana itu diisi dengan berbagai kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat. 

Masyarakat yang hadir dari berbagai daerah di Indonesia disuguhi berbagai kuliner, komoditas jualan pasar, hasil industri rumahan, hingga atraksi seni dan budaya yang ditampilkan oleh mama-mama Papua. Jokowi -panggilan beken Presiden Joko Widodo- pun ikut bangga.

“Hari ini kita memperingati Hari Ibu, artinya kita juga memperingati hari mama-mama Papua karena mereka adalah Indonesia,” ujar Jokowi mengawali sambutannya di hadapan mama-mama Papua dan lima menteri perempuan di Kabinet Kerja.

Peringati Hari Ibu di Raja Ampat, Jokowi Puji Mama Papua

Jokowi mengatakan, kaum perempuan di Indonesia benar-benar sudah memperoleh ruang dalam pembangunan bangsa Indonesia. Bahkan, di Amerika Serikat pun belum pernah ada presiden perempuan.

Sedangkan Indonesia pernah memiliki presiden perempuan. Yakni Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri.

Selain itu, Jokowi juga memuji kiprah para menteri perempuan. Antara lain Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti, Menteri PPPA Yohana Yembise, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

“Keberhasilan kita dalam bidang pembangunan manusia karena kontribusi Menko Ibu Puan Maharani. Keberhasilan dalam bidang diplomasi internasional oleh Ibu Retno Marsudi, keberhasilan pengelolaan keuangan nasional oleh Ibu Sri Mulyani Indrawati, keberhasilan melindungi alam laut oleh Ibu Susi Pujiastuti, keberhasilan menekan atau mengurangi kebakaran hutan di Indonesia oleh Ibu Siti Nurbaya,” tutur Jokowi.

Presiden Joko Widodo menyatakan, peringatan Hari Ibu ke-89 di Raja Ampat juga sebagai penghormatan bagi mama-mama Papua yang dikenal tangguh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News