Ini Peran Ibu Kekinian di Mata Menko Puan

Ini Peran Ibu Kekinian di Mata Menko Puan
Presiden Joko Widodo dan Menko PMK Puan Maharani di sela Peringatan Hari Ibu. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, RAJA AMPAT - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani bahwa peran seorang ibu penting dalam segala aspek kehidupan anak. Bahkan peran vital itu sudah dimulai sejak anak masih janin dalam kandungan.

"Masa depan anak itu sangat bergantung pada peran ibunya," ucap Mbak Puan di sela puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) yang berlangsung di Raja Ampat, Papua Barat (22/12).

Menko Puan juga menjadikan momentum PHI sebagai momentum penting untuk meningkatkan peran ibu dalam memberikan vaksinasi, kecukupan gizi, dan pendidikan bagi anak-anak.

Peringatan Hari Ibu di Raja Ampat sangat spesial karena dihadiri Presiden Joko Widodo serta sembilan menteri perempuan kabinet kerja. Hadir pula Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Bupati Raja Ampat Marcus Wanma, dan beberapa tokoh adat lainnya.

Puan mengaku sangat bahagia atas diperingatinya Hari Ibu. Menurutnya, rasa sayang ibu kepada anak-anaknya itu sangat besar dan tiada ternilai harganya. "Ada begitu banyak pengorbanan ibu yang dilakukan dalam kehidupan demi anak-anaknya," ujarnya.

Cucu proklamator kemerdekaan RI, Soekarno ini menggarisbawahi bahwa kecintaan seorang ibu kepada anaknya harus pula dibarengi dengan kesungguhan untuk menyiapkan masa depan anak.

Buat Puan, dalam konteks kekinian, ibu yang memberikan vaksinasi kepada anaknya, ibu yang memperhatikan kebutuhan gizi tumbuh kembang balitanya, dan ibu yang peduli terhadap pendidikan anaknya adalah wujud sayang ibu yang sebenarnya. "Inilah wujud kecintaan seorang ibu yang seharusnya,” tutur Puan.

Bu Menko menekankan bahwa untuk setiap persoalan kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan negara telah hadir untuk ibu-ibu dari kalangan yang kurang mampu.

Cucu proklamator kemerdekaan RI ini menggarisbawahi bahwa kecintaan seorang ibu kepada anaknya harus pula dibarengi dengan menyiapkan masa depan anak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News