Peringati HPN, Gubernur Kalsel Harap Pers Makin Tajam Mengkritik

Peringati HPN, Gubernur Kalsel Harap Pers Makin Tajam Mengkritik
Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Selasa (9/2). Foto: Fathan

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menilai insan pers sebagai pilar keempat demokrasi, sangat memberikan kontribusi besar pada kemajuan bangsa.

Dia mengharapkan pers tetap independen dan profesional agar bisa memberikan kritik yang membangun kepada pemerintah.

Hal ini disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan saat menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Selasa (9/2).

"Apa yang dilakukan pemerintah dalam membangun bangsa ini, tentu tidak akan mudah begitu saja tanpa didukung pers dalam penyampaiannya, komunikasinya kepada masyarakat, kepada setiap elemen," kata Sahbirin.

Pria yang akrab disapa Paman Birin itu juga memandang pers Indonesia sudah sedemikian tangguh hari ini.

Sebab, meski Indonesia tengah dilanda virus Covid-19, wartawan tetap menyelenggarakan HPN. Hal ini membuktikan eksistensi pers yang tetap melaksanakan agenda tahunannya.

"Dan di Hari Pers Nasional ini, kami berharap dunia pers akan makin tajam dan tentunya direspons oleh baik pemerintah atau masyarakat atau setiap elemen, untuk menjadikannya semangat juang bangsa ini," kata dia.

Ketua DPD Golkar Kalimantan Selatan itu juga mengharapkan sinergitas pihaknya dengan insan pers makin erat.

Dia meyakini tanpa dukungan pers, maka kinerjanya di Kalsel tidak akan sukses atau dirasakan masyarakat luas.

Selain itu, Birin juga mengupayakan pers mendapatkan vaksinasi di pemeritahannya.

Dia menilai pers sangat rentan tertular Covid-19 karena tetap bekerja mencari informasi di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Kami pasti akan menggaet kawan-kawan pers di Kalsel. Selain teman-teman paramedis, dokter, dan sebagainya," kata Birin.

Gubernur Kalsel sendiri menerima penghargaan Anugerah Pena Emas dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dalam peringatan HPN 2021.

Anugerah Pena Emas sendiri merupakan tanda penghargaan tertinggi yang diberikan PWI kepada sosok yang dianggap mempunyai jasa luar biasa di dalam mengembangkan pers nasional di Indonesia. (tan/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengharapkan pers tetap independen dan profesional agar bisa memberikan kritik yang membangun kepada pemerintah. Dia juga mengharapkan sinergitas yang erat dengan insan pers.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News