Peringati HPSN, Pj Kota Tangerang Ajak Warga Perkuat Komitmen Jaga & Rawat Lingkungan Sekitar

Peringati HPSN, Pj Kota Tangerang Ajak Warga Perkuat Komitmen Jaga & Rawat Lingkungan Sekitar
Pj Wali Kota Tangerang Dr Nurdin didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup meninjau langsung Material Recovery Facility atau Tempat Pengolahan Sampah yang berada di Kecamatan Benda, Kota Tangerang. Foto: source for jpnn

jpnn.com, KOTA TANGERANG - Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin mengatakan upaya membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah di lingkungan akan terus ditingkatkan.

Menurutnya, kerja keras dan kolaborasi semua pihak menjadi kunci utama dalam mewujudkan Kota Tangerang yang bersih dan bebas sampah.

"Dibutuhkan komitmen bersama dalam menangani permasalahan sampah di Kota Tangerang. Saat ini, produksi sampah di Kota Tangerang mencapai sekitar 1.300 ton per hari, jumlah yang sangat besar,” ungkap Nurdin dalam acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, yang berlangsung di Aula SMPN 1 Tangerang, Sabtu (2/3).

Oleh karena itu, kata Nurdin, diperlukan upaya kolaboratif dan komprehensif dari semua pihak dalam mengelola sampah secara efektif dan berkelanjutan.

“Kita harus kolaborasi, dengan mengedepankan prinsip pengelolaan sampah berbasis masyarakat,” ucapnya.

Mantan Pj Bupati Aceh Jaya ini, juga menekankan beberapa langkah penting dalam menangani sampah di Kota Tangerang.

“Pemkot terus meningkatkan pengelolaan sampah dengan mendorong pengelolaan sampah melalui berbagai metode, seperti pemeliharaan maggot, bank sampah, sedekah sampah, dan lainnya. Hasilnya didistribusikan kepada masyarakat serta membantu sekolah adiwiyata dalam pembuatan pupuk,” jelas Nurdin.

Pemkot, lanjut Nurdin, juga akan terus membangun kesadaran masyarakat, untuk bersama-sama mengurangi sampah, mulai dari tingkat rumah tangga hingga lingkungan sekolah.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin menegaskan dibutuhkan komitmen bersama dalam menangani permasalahan sampah di Kota Tangerang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News