Peringati HUT ke-77, BSSN Ajak Generasi Bangsa Jaga Ruang Siber

Peringati HUT ke-77, BSSN Ajak Generasi Bangsa Jaga Ruang Siber
Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77. Foto: BSSN

jpnn.com, JAKARTA - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terus berkomitmen menjaga ruang siber nasional bersama masyarakat dalam momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77.

Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian mengatakan sejarah panjang persandian dan nilai-nilai perjuangan yang ada di dalamnya, menjadi embrio terbentuknya BSSN yang harus selalu diingat dan dilestarikan.

"Kami berharap generasi penerus melanjutkan perjuangan para pendahulu dalam mengabdi kepada bangsa dan negara Indonesia tercinta,” ujar Hisna dalam keterangan tertulis, Rabu (5/4).

Hinsa berpesan, mewujudkan keamanan siber nasional tidak dapat dilakukan hanya oleh BSSN tetapi harus dilaksanakan secara kolektif oleh seluruh pemangku kepentingan di ranah siber.

“BSSN mengajak seluruh komponen bangsa, baik penyelenggara negara, pelaku usaha, akademisi maupun berbagai lapisan masyarakat  untuk berkolaborasi bersama BSSN dalam menjaga ruang siber, guna mewujudkan keamanan nasional dan meningkatnya pertumbuhan ekonomi nasiona,” kata Hinsa.

Pada upacara tersebut, Hinsa juga mengingatkan sejarah panjang berdirinya badan tersebut yang berawal dari hadirnya unit persandian bernama Dinas Kode di bawah Kementerian Pertahanan pada 1946.

Kemudian, dinas kode pada 1949 diubah namanya menjadi Djawatan Sandi, seusai berhasil menyokong komunikasi Indonesia di periode 1948 untuk terhubung dengan perwakilan lainnya di luar negeri selama masa Agresi Militer Belanda II.

Selanjutnya, nama Djawatan Sandi kembali berubah pada 1972 menjadi Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) dengan fungsi mengkoordinir, mengatur, dan menyelenggarakan hubungan persandian secara tertutup dan rahasia antara aparatur negara baik di pusat, daerah maupun hubungan persandian ke luar negeri.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terus berkomitmen menjaga ruang siber nasional bersama masyarakat di dalam momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News