Peringati Sumpah Pemuda, Dahlan Iskan Semangati Ribuan Mahasiswa

Peringati Sumpah Pemuda, Dahlan Iskan Semangati Ribuan Mahasiswa
Peringati Sumpah Pemuda, Dahlan Iskan Semangati Ribuan Mahasiswa

jpnn.com - PONTIANAK - Peringatan hari sumpah pemuda yang jatuh pada Senin (28/10), diisi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan dengan menyampaikan kuliah umum di Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Kuliah dengan tema 'Semua Bisa Jadi Pengusaha' ini dihadiri ribuan mahasiswa dari sejmlah Universitas. Antara lain Universitas Panca Bhakti, Universitas Widya Dharma, Sekolah Tinggi Agama Islam Pontianak, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Universitas Tanjungpura, dan Politeknik Pontianak.

Dalam kuliah ini Dahlan mencoba membangkitkan semangat mahasiswa bahwa siapapun bisa sukses asal mau berusaha dan bekerjakeras.

"Tiga tahun lalu, Indonesia sudah mengalahkan Belanda, sayang komunikasi politiknya jelek, sehingga rakyat tidak tahu," ungkap Dahlan saat menyampaikan materi kuliah umum.

Diceritakan, Tiongkok saat mampu mengalahkan ekonomi Jerman, langsung dikabarkan kepada seluruh rakyatnya, dengan harapan rakyat ikut berbangga dan dapat mempertahankan pertumbuhan ekonominya.

"Beda dengan Tiongkok, saat mereka mengalahkan ekonomi Jerman, pemerintah mengkampanyekan kepada rakyat secara besar-besaran. Sehingga rakyat tumbuh percaya diri, tumbuh semangat untuk terus bangkit. Kemudian Tiongkok mengalahkan Inggris. Target selanjutnya mengalahkan Jepang yang pernah menjajah Tiongkok dengan ekonomi terbesar kedua dunia," papar bekas Dirut PLN ini.

"Nah untuk Indonesia setelah Belanda kalah, kita harus punya tekad mengalahkan Spanyol dan Italia. Inilah sumpah kita sekarang, yang beda dengan sumpah pemuda 86 tahun yang lalu saat masa penjajahan. Dan kebangkitan itu harus dipelopori anak-anak muda, seperti anda semuanya," imbuh Dahlan, disambut tepuk tangan mahasiswa yang hadir.

Dahlan juga tak segan memberikan pujian pada dua mahasiswa Pontianak yang telah sukses mencoba membuka bisnis. Seperti Wisky, mahasiswa semester 5 STAIN Pontianak yang berusaha tanpa modal dengan konsep bagi hasil dan saat ini dapat meraup pendapatan per bulan sekitar Rp 11 juta.

PONTIANAK - Peringatan hari sumpah pemuda yang jatuh pada Senin (28/10), diisi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan dengan menyampaikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News