JPNN.com

Perintah Penting dari Panglima TNI untuk Para Prajurit, Alutsista juga Dikerahkan

Jumat, 15 Januari 2021 – 22:54 WIB
Perintah Penting dari Panglima TNI untuk Para Prajurit, Alutsista juga Dikerahkan - JPNN.com
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memerintahkan prajurit TNI untuk membantu korban bencana alam di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.

Tak hanya prajurit saja yang diterjunkan oleh Panglima TNI, tetapi juga alat utama sistem senjata (alutsista) pun dikerahkan menuju lokasi bencana untuk membantu masyarakat korban bencana alam gempa bumi di Sulbar dan banjir di Kalsel.

"Sudah kami berangkatkan pasukan dari Makassar, dengan menggunakan pesawat Boeing dan Hercules," kata Panglima TNI kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan TNI Angkatan Udara memberangkatkan pesawat Boeing 737 dari Skuadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin menuju ke lokasi gempa.

Pasukan gabungan dan pasukan TNI AU, telah dikerahkan menuju ke lokasi bencana untuk membantu masyarakat korban gempa bumi dengan magnitudo (M) 6,2 yang mengguncang wilayah Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Jumat (15/1).

Tindakan tersebut dilakukan guna memastikan situasi dan kondisi daerah yang terdampak bencana alam hingga mengalami kerusakan dan korban jiwa tidak memakan kerugian yang lebih besar.

Selain itu TNI AU juga menyiagakan pesawat Hercules C-130 dari Skuadron Udara 33 Hasanuddin, Skuadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, pesawat CN 295 dari Skuadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma, dan satu pesawat Helikopter Super Puma NAS-332 dari Skuadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja.

Lebih dari itu, TNI juga telah memberangkatkan dua satuan setingkat Kompi (SSK) dari Batalyon Infanteri (Yonif) 721/Makassar dan Batalyon Zeni Tempur (Yon Zipur) 8 dari Kodam XIV/Hasanudin.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...