JPNN.com

Peristiwa Politik 2019: 5 Ketum Parpol tak Tergantikan, Ada yang Awalnya Panas

Senin, 23 Desember 2019 – 13:07 WIB
Peristiwa Politik 2019: 5 Ketum Parpol tak Tergantikan, Ada yang Awalnya Panas - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah partai politik (parpol) menggelar agenda pemilihan pucuk pimpinan lewat musyawarah nasional (munas), kongres, atau muktamar pada 2019.

Awalnya diprediksi hangat, tetapi dalam perjalannya tidak demikian. Hampir semua partai yang menggelar pemilihan ketum pada 2019, ini berakhir aklamasi. Tidak ada pemilihan, dan pemungutan suara. Ketum petahana melenggang mulus kembali menduduki singgasana.

Tidak hanya parpol, lembaga negara pun aklamasi memimpin pimpinan. Salah satunya adalah Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Berbeda dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang harus menggelar pemilihan. Pun demikian pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang harus ditentukan lewat mekanisme uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Sementara ketua DPR dipilih secara proporsional sesuai mekanisme Undang-Undang MPR, DPR, DPD dan DPRD atau UU MD3. Partai pemenang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 berhak mendapat jatah ketua DPR.

Berikut catatan jpnn.com:

1. Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri dikukuhkan kembali menjadi ketum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP 2019-2024 dalam Kongres V di Sanur, Bali, Kamis 8 Agustus 2019. Pengurus PDI Perjuangan dari seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri meminta dan menyetujui agar Megawati kembali memimpin partai lima tahun ke depan. Tidak ada calon lain selain Megawati dalam Kongres V PDI Perjuangan itu. Putri Proklamator RI Bung Karno itu pun terpilih secara aklamasi. Megawati memimpin PDIP sejak 1999. Artinya, Mega memimpin partai selama 25 tahun sampai 2024 mendatang.

Nama Mega menjadi satu-satunya calon ketum sebelum Kongres V. Tidak ada satupun nama lain yang terdengar akan menjadi calon ketum menantang Megawati. Setelah terpilih, Megawati beberapa hari berikutnya mengumumkan kepengurusan DPP PDI Perjuangan. Hasto Kristiyanto kembali dipercaya sebagai sekjen PDI Perjuangan. Ini merupakan rekor baru, karena Hasto dua periode berturut-turut menjadi sekjen.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo