Perkenalkan, Beginilah Cara Beli Tiket Kereta Bandara Soetta

Perkenalkan, Beginilah Cara Beli Tiket Kereta Bandara Soetta
Vending machine milik PT Railink untuk melayani pemnjualan tiket kereta bandara. Foto: railink.co.id

jpnn.com, JAKARTA - Akses ke Soekarno-Hatta International Airport di Tangerang bakal makin muda dengan segera beroperasinya kereta dari Jakarta menuju bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II. PT Railink sebagai operaror kereta bandara pun sudah menciptakan Airport Railways Ticketing Service (ARTS) yang berbasis online alias daring.

ARTS merupakan sistem ticketing yang yang bisa diakses melalui vending machine, internet booking dan aplikasi di ponsel. Direktur Operasi dan Teknik Railink Porwanto Handry Nugroho mengatakan, perusahaannya mengembangkan sendiri ARTS demi memudahkan masyarakat.

"ARTS ini merupakan sistem ticketing yang dikembangkan sendiri oleh PT Railink dan menjadi salah satu persembahan terbaik kami untuk masyarakat. Kami juga sampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam mewujudkan ARTS ini," ujarnya, Sabtu (30/9).

Railink telah memperkenalkan ARTS pada Jumat lalu (28/9) di Stasiun KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Porwanto menjelaskan, ARTS akan menjadi sistem ticketing transportasi publik di masa yang akan datang.

Menurutnya, ARTS memiliki banyak keunggulan. Antara lain pembayaran secara nontunai (cashless), tanpa kartu (cardless) dan tanpa operator (manless). "Jadi setiap penumpang dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu perbankan yang mereka miliki baik berupa kartu debet, kartu kredit, maupun prepaid," tambah Porwanto.

Lantaran ARTS bersifat manless, maka Railink tidak menyediakan konter tiket. Sebab, penumpang daat membeli tiket melalui vending machine, internet booking ataupun aplikasi di ponsel.

Untuk tahap awal, Railink akan memasang 4 unit mesin vending machine bersistem ARTS di Stasiun Sudirman dan 4 unit juga di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Namun, ke depannya jumlah vending machine ARTS akan ditambah sesuai kebutuhan.

Selain itu, Railink telah bekerja sama dengan perbankan, perusahaan layanan payment gateway dan penyedia jaringan. Dari perbankan yang sudah mendukung antara lain BCA, Bank Danamon, Bank DKI, Bank Maybank Indonesia, Bank Permata dan Bank QNB.

PT Railink sebagai operaror kereta bandara pun sudah menciptakan Airport Railways Ticketing Service atau ARTS yang berbasis online.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News