Perkuat Pembiayaan Infrastruktur, Kemenkeu Gandeng Departemen Perbendaharaan AS

Perkuat Pembiayaan Infrastruktur, Kemenkeu Gandeng Departemen Perbendaharaan AS
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI dan Department of Treasury (Departemen Perbendaharaan) Amerika Serikat menyepakati kerja sama tentang penguatan pembiayaan infrastruktur dan pembangunan pasar finansial.

Kesepakatan kerja sama itu dituangkan dalam memorandum saling pengertian (MSP) yang diteken Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati dan Menkeu AS  Steven Mnuchin belum lama ini.

 "Sebagaimana diketahui, masih terdapat ruang yang luas bagi swasta untuk berinvestasi di proyek-proyek infrastruktur nasional," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Rahayu Puspasari dalam keterangan pers Kemenkeu, Sabtu (19/9).

Kemenkeu meyakini kolaborasi itu sangat relevan untuk menjawab permasalahan kebutuhan permodalan dalam rangka pembangunan infrastruktur di Indonesia. 

Menurut Rahayu, kerja sama itu  juga sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), terutama untuk mendorong partisipasi swasta dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur. 

Lebih lanjut Rahayu menjelaskan, kerja sama itu mencakup beberapa hal. Cakupan pertamanya ialah pengembangan pasar keuangan regional untuk investasi infrastruktur.

Kedua, perumusan instrumen dan struktur pembiayaan untuk memfasilitasi dan mengurangi hambatan dalam investasi sektor swasta di bidang infrastruktur. Ketiga, mendorong inovasi dan keberlanjutan pembiayaan proyek infrastruktur.

Keempat, mengeksplorasi program pengembangan kapasitas keuangan dan kerja sama teknis dalam pembiayaan infrastruktur.

Kemenkeu RI dan Department of Treasury Amerika Serikat menandatangani memorandum saling pengertian tentang penguatan pembiayaan infrastruktur dan pembangunan pasar finansial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News