Perlihatkan Sisi Ramah Polisi

Perlihatkan Sisi Ramah Polisi
FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Polisi terus melakukan fungsinya dalam mengayomi masyarakat. Hal itu yang terlihat kemarin. Leticia Erica Setiabudi tampak antusias ketika melihat anggota Polsek Lakarsantri masuk ke kelas di sekolahnya, Eton House,. Dia memang penasaran dengan polisi. Bahkan, untuk acara kemarin, dia mengenakan kostum mirip polisi luar negeri lengkap dengan topi, peluit, dan borgol mainan. 

''Itu tanda dilarang parkir Miss,'' jawabnya dengan semangat ketika Iptu Rini Marga, humas Polsek lakarsantri, bertanya mengenai rambu berupa huruf P yang dicoret. Sebelum Rini sempat bertanya lagi, Leticia mendahului. ''Kalau yang itu apa Miss?'' tanyanya sambil menunjuk rambu bergambar tanda seru. ''Ini tanda untuk kalian berhati-hati dalam perjalanan,'' jawab Rini, lantas tersenyum. 

Selain mengenalkan rambu-rambu lalu lintas, para polisi membahas tugas kepolisian lainnya. Termasuk soal gempa bumi. ''Kalau ada gempa, pertama, kalian tidak boleh gugup. Melindungi kepala dengan tas dan berjalan menuju tempat yang aman dan terbuka,'' ungkap Rini, lantas duduk di hadapan bocah-bocah tersebut. 

Tiba-tiba saja, Leticia yang membawa borgol bertanya tentang hukuman untuk seorang pencuri. ''Perbuatan yang tidak patut dicontoh itu dihukum kurang lebih lima tahun penjara,'' jelas perempuan mantan anggota Reserse Anak dan Wanita (Renakta) Polda Jatim tersebut. 

Setelah kegiatan kelas selesai, aparat kepolisian mengajak siswa melihat mobil patroli Polsek Lakarsantri. Mobil tidak berjalan, tetapi sirene dinyalakan. Langsung saja, para siswa tertarik dan berebut masuk ke mobil itu untuk mengetahui isi kendaraan tersebut.

Rini mengapresiasi kegiatan yang mengenalkan profesi kepolisian ke anak usia dini. "Setidaknya, mereka dapat melihat sisi polisi yang ramah dan tidak menakutkan,'' katanya, lantas tertawa.

Sementara itu, Kepala Sekolah Eton House Surabaya Sheela Yap mengatakan bahwa acara tersebut bertujuan agar siswa memahami peran dan tanggung jawab anggota kepolisian. (zam/c20/any) 

Setelah kegiatan kelas selesai, aparat kepolisian mengajak siswa melihat mobil patroli Polsek Lakarsantri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News