Perlu Dukungan Multi Sektor untuk Membangun SDM Energi Berkualitas

Perlu Dukungan Multi Sektor untuk Membangun SDM Energi Berkualitas
Anggota DEN RI As Natio Lasman mengatakan untuk mencapai misi Net Zero Emission (NZE) pada 2060 pemerintah perlu memberikan porsi lebih kepada EBT. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DEN RI sekaligus Direktur Pascasarjana Energi Terbarukan Universitas Darma Persada As Natio Lasman mengatakan untuk mencapai misi Net Zero Emission (NZE) pada 2060 pemerintah perlu memberikan porsi lebih kepada energi baru dan terbarukan (EBT).

Sebab, EBT mengurangi pemakaian bahan fosil, menekan impor energi, dan sekaligus berkontribusi dalam pencapaian lingkungan hidup yang lebih baik.

Di sisi lain, diperlukan pengelolaan EBT dapat memberikan supply listrik secara kontinu, sebagaimana ditunjukkan oleh PLTA dan PLTP.

Dia mencontohkan dalam hal energi panas bumi, Indonesia mempunyai potensi yang baik untuk dikembangkan, untuk turut serta dalam memenuhi kebutuhan energi nasional.

"Kebanyakan lokasi sumber panas bumi terletak di daerah yang belum berkembang sehingga dengan adanya misi percepatan energi bersih ini, khususnya panas bumi, maka akan menciptakan kemajuan infrastruktur, ekonomi, serta peluang tenaga kerja. Apalagi CSR dari PLTP dapat digunakan secara maksimal untuk mengembangkan lingkungan PLTP tsb," ucap As Natio dalam wawancaranya di acara Energy Transition Conference and Exibition pada Jumat (20/10).

Namun, As Natio yak menampik dalam pelaksanaan percepatan transisi energi terdapat peluang dan tantangan yang dihadapi.

Salah satu tantangan dari percepatan transisi energi panas bumi adalah dukungan masyarakat, khususnya yang ada di sekitar wilayah panas bumi.

Masyarakat diharapkan dapat mendorong realisasi pembangunan PLTP dan memberikan kondisi sosial yang kondusif, sehingga nantinya berdampak positif bagi kesejahteraan.

Anggota DEN RI As Natio Lasman mengatakan untuk mencapai misi Net Zero Emission (NZE) pada 2060 pemerintah perlu memberikan porsi lebih kepada EBT

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News