Perlu Terobosan Menekan Penularan Covid-19, Lockdown Bisa Menjadi Pilihan

Perlu Terobosan Menekan Penularan Covid-19, Lockdown Bisa Menjadi Pilihan
Anggota Komisi IX Saleh Partaonan Daulay menyebut pemerintah seharusnya membuat terobosan untuk menekan penularan Covid -19. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX Saleh Partaonan Daulay menyebut pemerintah seharusnya membuat terobosan untuk menekan penularan Covid-19.

"Saya menilai memang pemerintah harus membuat kebijakan baru atau kebijakan alternatif yang betul-betul dianggap mampu memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19," kata Saleh dalam keterangan persnya, Selasa (29/6).

Sebab, ketua fraksi PAN DPR RI itu melihat kebijakan PPKM skala mikro yang diterapkan pemerintah belum cukup menekan penularan penyakit dari virus SARS-Cov-2 itu.

Menurut Saleh, angka kasus aktif Covid-19 belum menunjukkan tren penurunan. Pertambahan kasus di tanah air justru mengkhawatirkan seiring waktu.

"Belum lagi ada varian baru yang sudah muncul seperti Alfa, Delta, Beta, ada varian India, ada varian Inggris, ada varian Afrika, ada varian Amerika Latin, ini semua mengkhawatirkan," ungkap eks Ketua PP Pemuda Muhammadiyah itu.

Saleh menyarankan, lockdown bisa menjadi kebijakan alternatif menekan penularan Covid-19. Sebab, lockdown membuat interaksi antarmanusia terbatas dan memaksa orang tetap berada di rumah. 

"Nah, lockdown dicoba dulu. Mungkin dicoba dua atau tiga pekan. Nanti setelah itu dievaluasi," ujar Saleh.

Menurut dia, lockdown tidak perlu dilaksanakan secara nasional, melainkan pada tingkat kabupaten atau kota.

Anggota Komisi IX Saleh Partaonan Daulay menyebut pemerintah seharusnya membuat terobosan atau kebijakan baru yang mampu menekan penularan Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News