JPNN.com

Perludem Dukung KPU Larang Mantan Napi Korupsi jadi Caleg

Selasa, 03 Juli 2018 – 00:56 WIB
Perludem Dukung KPU Larang Mantan Napi Korupsi jadi Caleg - JPNN.com
Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini mengatakan, pihaknya mendukung sikap tegas KPU yang melarang mantan napi kasus korupsi menjadi calon anggota legislative (caleg).

Menurut dia, komisi tersebut mempunyai kewenangan membuat peraturan. ’’Punya otoritas untuk mengoperasionalisasikan teknis kepemiluan melalui PKPU,’’ terang dia.

KPU juga mempunyai tanggung jawab membuat peraturan teknis pemilu yang menjamin terwujudnya integritas penyelenggara, proses penyelenggaraan, dan hasil pemilu.

Sementara itu, anggota Komisi II DPR RI Achmad Baidowi mengatakan, larangan bagi mantan napi koruptor menjadi caleg bertentangan dengan UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu.

Sebab, kata dia, pasal 240 ayat (1) huruf g secara nyata dan tegas tidak mengatur larangan bagi mantan napi korupsi nyaleg.

Saat ini, lanjut dia, Komisi II DPR membahas langkah yang akan ditempuh dalam merespons peraturan yang dikeluarkan KPU itu. Bisa saja digulirkan hak angket DPR untuk KPU.

Menurut dia, dalam pasal 87 Undang-Undang No 12/2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan disebutkan bahwa peraturan perundang-undangan mulai berlaku dan mempunyai kekuatan mengikat sejak diundangkan. (lum/c4/fat)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo