Permudah Pelayanan, PT KAI Luncurkan Mesin Penjual Tiket Otomatis

Permudah Pelayanan, PT KAI Luncurkan Mesin Penjual Tiket Otomatis
Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro didampingi sejumlah direksi saat melaunching machine kios elektronik (E-Kiosk) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (13/3). Foto Yessy Artada/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan mesin pembelian tiket otomatis (vending machine/E-Kiosk) untuk mempermudah penumpang dalam mendapatkan tiket. Karena calon penumpang tidak perlu lagi repot antre panjang di loket. Untuk tahap awal, E-Kiosk ini baru tersedia di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, sebanyak dua unit.

 "Tapi, ke depan kami akan menyediakan fasilitas E-Kiosk ini di seluruh stasiun besar, terutama di Jawa dan Sumatera," ujar Dirut KAI, Edi Sukmoro dalam acara peresmian E-Kiosk di Stasiun Senen, Jakarta, Jumat (13/3).

Melalui E-Kiosk calon penumpang cukup memilih tanggal perjalanan stasiun asal, stasiun tujuan, dan jumlah penumpang serta menginput data berupa nama, nomor identitas, dan nomor telepon. 

Input data dapat dilakukan melalui layar sentuh atau keyboard fisik yang ada di mesin e-kiosk. Pemesanan ataupun pembelian tiket KA lewat fasilitas ini bisa dilakukan H-90 atau pada hari keberangkatan (go show) satu jam keberangkatan.

"Calon penumpang juga bisa memilih posisi tempat duduk di kereta saat melakukan pembelian tiket melalui mesin e-kiosk. Setelah menginput data-data penumpang, calon penumpang dapat langsung melakukan transaksi pembayaran lewat mesin ini," jelasnya.

Adapun metode pembayaran yang bisa diterima antara lain, pembayaran tunai menggunakan uang pecahan Rp 2 ribu sampai Rp 100 ribu, maupun dengan kartu debit jaringan Alto, dan pembayaran dengan kartu T-Money dari Telkom.

Bagi penumpang yang melakukan pembayaran tunai tanpa uang pas, tak perlu khawatir. Karena dalam e-kiosk ini terdapat metode pengembalian melalui e-money pada nomor telepon yang otomatis terinput saat pembelian, dari PT Finnet Indonesia.

"Jadi nggak perlu takut uang kembaliannya ilang, itu sudah terdaftar otomatis dalam program e-money yang nantinya juga bisa diuangkan atau dapat digunakan membayar listrik atau membeli pulsa hp dan sebagainya," tukas mantan Direktur Aset KAI itu. (chi/jpnn)

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan mesin pembelian tiket otomatis (vending machine/E-Kiosk) untuk mempermudah penumpang dalam mendapatkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News