Pernah Tembaki Mantan Kapolri hingga Tukang Ojek, Osimin Akhirnya Dibekuk

Pernah Tembaki Mantan Kapolri hingga Tukang Ojek, Osimin Akhirnya Dibekuk
Tukang ojek korban penembakan KKB di Kabupaten Puncak, Rabu (14/4/2021). Foto: ANTARA/HO/Dok.Polda Papua

jpnn.com, PUNCAK JAYA - Tim gabungan telah menangkap Osimin Wenda, salah satu buronan yang tergabung dalam Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Dia adalah Osimin Wenda, 30, yang terlibat banyak aksi kriminal di tanah Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, Osimin ditangkap pada Kamis (22/7) di Kampung Wandigobak, Kabupaten Puncak Jaya.

Penangkapan berawal dari informasi salah satu DPO Polres Puncak Jaya sedang turun ke kota dan berada di pasar.

“Selanjutnya tim melakukan penyelidikan di sekitar Pasar Distrik Mulia Kabupaten Puncak Jaya,” ujar Kamal dalam siaran persnya, Jumat (23/7).

Lalu pada pukul 11.00, tim gabungan melihat pelaku bergerak dari pasar menggunakan sepeda motor dan menuju ke Distrik Philia.

“Pada pukul 11.25, tim memberhentikan pelaku di Kampung Wandigobak dan langsung melakukan penangkapan. Pelaku langsung dibawa ke Mapolres Puncak Jaya,” kata Kamal.

Menurut Kamal, saat ini pihaknya tengah memeriksa pelaku. Dari hasil pemeriksaan awal diketahui pelaku mendapatkan vonis seumur hidup pada 2014.

Tim gabungan Polda Papua telah menangkap salah satu buronan anggota KKB bernama Osimin Wenda. Pelaku pernah terlibat sejumlah aksi kriminal, salah satunya menembaki mantan kapolri.