Pernyataan Kang Ace Ditujukan ke Pengurus Masjid Usir Pria Bermasker, Menohok Banget

Pernyataan Kang Ace Ditujukan ke Pengurus Masjid Usir Pria Bermasker, Menohok Banget
Ace Hasan Syadzily. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily angkat suara terkait peristiwa pengusiran terhadap pria yang hendak salat di Masjid Al Amanah, RW 09, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, pada Selasa (27/4) karena mengenakan masker.

Menurut politikus yang akrab dipanggil Kang Ace itu menganggap, sikap para pengurus Masjid Al Amanah yang mengusir pria karena memakai masker itu menunjukkan mereka tidak memahami ajaran Islam.

"Kasus di Bekasi seperti ini menunjukkan masih ada yang keliru dalam memahami ajaran Islam dalam konteks pandemi. Kasus semacam ini juga menggambarkan ada yang keliru dalam memahami anjuran pemerintah dan agama," kata Kang Ace kepada JPNN.com, Senin (3/5).

Ketua DPP Golkar itu menilai kelompok semacam itu jelas menunjukkan kedangkalannya dalam memahami ajaran agama.

Menurut Ace, pelaku mengutip ayat Al-Qur'an secara serampangan tanpa memahami konteks ayat tersebut, menganggap pandangannya paling benar, lantas mempertentangkannya dengan apa yang dianjurkan pemerintah.

"Kelompok seperti ini ingin mempertentangkan antara ajaran Islam dengan anjuran pemerintah," kata dia.

Menurut pria asal Jawa Barat itu, apa yang dianjurkan pemerintah untuk memakai masker di dalam masjid adalah juga bagian dari melindungi jiwa atau hifz al-nafs. Dia menilai, melindungi jiwa juga merupakan perintah ajaran agama.

Video memperlihatkan seorang pria bermasker diusir saat hendak salat di sebuah masjid, viral di media sosial.

Belakangan diketahui, peristiwa itu terjadi di Masjid Al Amanah, RW 09, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, pada Selasa (27/4).

Kapolsek Medan Satria Kompol Agus Rohmat membenarkan bahwa pengurus masjid tersebut memang melarang jemaah memakai masker saat salat.

Agus pun mengaku dirinya sudah pernah menegur pengurus masjid agar tidak melarang jemaah memakai masker.

"Sebelumnya saya juga telah melakukan peneguran dan mengimbau kepada pengurus masjid agar tidak melarang jemaah untuk menggunakan masker, saat melakukan ibadah salat, karena saat ini kita masih dalam situasi pandemi Covid-19," kata Agus dalam keterangan tertulis, Minggu (2/5).

Adapun kasus tersebut telah dimediasi oleh pihak kepolisian. Rapat mediasi itu dihadiri pria bermasker yang diusir bernama Roni Oktavian dan Abdul Rahman selaku Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Amanah. (tan/jpnn)

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily angkat suara terkait peristiwa pria bermasker diusir saat hendak salat di di Masjid Al Amanah.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News