Perpadi Pastikan Stok Beras Nasional di Lapangan Masih Banyak

Perpadi Pastikan Stok Beras Nasional di Lapangan Masih Banyak
Perpadi pastikan stok beras nasional di lapangan masih banyak. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) Sutarto Alimoeso menyebut stok beras yang ada saat ini dalam kondisi aman.

Berdasarkan hitunganya pada akhir tahun ini ada sekitar delapan juta ton yang menjadi stok beras nasional yang terbagi menjadi dua data.

Pertama, kata Sutarto, lima juta ton beras tersebar di lapangan atau masyarakat. Kemudian, lima persen lainya ada di gudang-gudang Bulog.

Sementara sisanya berada di toko-toko beras yang siap jual.

Dari hitungan tersebut, Sutarto yakin Indonesia mampu memenuhi kebutuhan beras dalam negeri.

"Hitungan saya di Bulog ada lima persen dan di masyarakat ada lima juta ton. Total stok kita seluruh Indonesia pada akhir tahun 2022 kurang lebih mencapai 8 juta ton. Saya kira itu sangat cukup untuk kebutuhan kita," ujar Sutarto, Jumat (28/10).

Sutarto mengatakan memang ada beberapa faktor yang membuat kondisi beras nasional terganggu. Satu di antaranya adalah cuaca ekstrem atau hujan lebat di beberapa daerah sentra.

Hal itu, kata dia, tidak membuat kondisi beras nasional menjadi kurang, namun pengaruhnya terhadap petani yang terkena.

Ketua Umum Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) Sutarto Alimoeso menyebut stok beras yang ada saat ini dalam kondisi aman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News