Perpusnas Siap Salurkan Buku kepada 10 Ribu Perpusatakaan & TBM

Perpusnas Siap Salurkan Buku kepada 10 Ribu Perpusatakaan & TBM
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) bakal menyalurkan buku untuk 10 ribu perpustakaan desa, kelurahan, dan taman baca masyarakat (TBM). Foto: dok Perpusnas

jpnn.com, JAKARTA - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) bakal menyalurkan buku untuk 10 ribu perpustakaan desa, kelurahan, dan taman baca masyarakat (TBM).

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Perpusnas E. Aminudin Aziz mengatakan penyaluran itu dilakukan sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap bahan bacaan, pada tahun ini.

Di samping itu, sebagai langkah lanjutan untuk meningkatkan kegemaran membaca masyarakat. Pada 2023, nilai tingkat kegemaran membaca naik mencapai 66,77 atau naik sebesar 3,19 dari 2022 yang mencapai 63,58.

Aminudin menjelaskan bahwa sebetulnya rendahnya minat baca juga dikarenakan kekurangan buku di tengah masyarakat.

“Ini adalah program baru yang sedang kami olah, dan kita inisiasi agar di tahap awal diharapkan bisa menjangkau hingga 10 ribu perpustakaan desa, kelurahan, dan taman baca masyarakat yang masing-masing kita salurkan sekitar seribu judul buku,” ungkap Aminudin dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR) di Senayan, Jakarta, pada Rabu (17/1).

Lebih lanjut, Aminudin menyebutkan pemilihan TBM sebagai salah satu tujuan program ini sejalan dengan arahan Panitia Kerja Peningkatan Literasi dan Tenaga Perpustakaan untuk memberdayakan komunitas baca yang ada di masyarakat.

Selain itu, diharapkan pemanfaatan perpustakaan oleh masyarakat akan semakin meningkat dengan disediakannya koleksi yang sesuai minat dan kebutuhan masyarakat.

"Dari sisi kinerja anggaran, pada 2023 realisasi anggaran Perpusnas mencapai 99,16 persen yaitu Rp 708.257.051.872 dari total pagu anggaran sebesar Rp 714.273.367.000," ucap Aminudin.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) bakal menyalurkan buku untuk 10 ribu perpustakaan desa, kelurahan, dan taman baca masyarakat (TBM).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News