Pers Zaman Now Akan Membawa Kebaikan bagi Bangsa

Pers Zaman Now Akan Membawa Kebaikan bagi Bangsa
Taufik Kurniawan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com, PADANG - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengatakan, sejak era reformasi pers Indonesia berjalan semakin baik dan profesional.

Menurut Taufik, kemajuan pers nasional tak lepas dari sejumlah tantangan, di antaranya digitalisasi dan menguatnya era industri media massa.

Taufik menambahkan, pers era industri dihadapkan dengan dua kepentingan yang saling tarik menarik. Yakni, memberikan informasi yang bersifat edukatif dan informatif tapi harus mampu bersaing secara finansial untuk meningkatkan oplah atau rating.

Di sisi lain, pers juga dituntut untuk bersikap profesional dan memberikan informasi secara berimbang.

"Berbagai tantangan yang dihadapi pers zaman now pada akhirnya akan membawa kebaikan bagi kita semua. Pers akan terus berbenah, mencari titik seimbang untuk menjalankan fungsinya dan membawa kebaikan bagi bangsa ini," kata Taufik, Jumat (9/2).

Taufik menegaskan, meski berada dalam era industri DPR tetap berkomitmen untuk memajukan dan menjaga kesinambungan pers nasional.

Sebab, peran pers sebagai pilar keempat demokrasi harus tetap kokoh dalam menjaga pertumbuhan demokrasi Indonesia.

Peran pers sebagai kontrol sosial harus tetap berjalan, memberi kritik yang membangun, serta menjadi corong suara masyarakat yang tidak bisa bersuara.

Pers era industri dihadapkan dengan dua kepentingan yang saling tarik menarik. Yakni, memberikan informasi yang bersifat edukatif dan bersaing secara bisnis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News