Persoalan Legitimasi Hadang Pemenang Pilgub DKI

Hari Ini, 6.962.348 Pemilih Salurkan Suara di 15.059 TPS

Persoalan Legitimasi Hadang Pemenang Pilgub DKI
Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam BEM Jakarta Raya berunjuk rasa dengan memerankan 6 Cagub DKI Jakarta di kawasan Bunderan HI, Jakarta, kemarin (10/07). Aksi yang mengusung tema Gerakan memilih dengan cerdas dari hantu-hantu Pemilukada ini menyerukan agar menghentikan seluruh money politik dan seluruh intimidasi yang memaksa warga Jakarta untuk memilih salah satu pasangan Cagub DKI Jakarta. Foto: Fery Pradolo/INDOPOS/JPNN
JAKARTA - Pemilihan Gubernur DKI Jakarta akan digelar har ini, Rabu (11/7). Berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang diputuskan KPU DKI Jakarta, ada 6.962.348 pemilih yang akan menyalurkan suaranya di 15.059 TPS (tempat pemungutan suara.

Jumlah pemilih ini merupakan data mutakhir yang ditetapkan setelah Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang diketuai Jimly Asshiddiqie merekomendasikan mencoret 21.344 pemilih yang dianggap ganda. Sebelumnya KPU DKI menetapkan 6.983.692 pemilih.

Namun persoalan tentang legitimasi pasangan gubernur yang bakal terpilih menghadang. Ini diakibatkan persoalan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan kemungkinan tingginya angka warga yang tak menggunakan hak pilihnya (golput).

Mantan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Mulyana W Kusumah, menyatakan bahwa dramatisasi ketidakberesan DPT mempunyai dampak psikologi politik terhadap ketidakyakinan publik atas apa pun hasil Pilkada DKI 2012. Menurutnya, hampir bisa dipastikan hasil Pemilukada DKI akan digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK).

JAKARTA - Pemilihan Gubernur DKI Jakarta akan digelar har ini, Rabu (11/7). Berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang diputuskan KPU DKI Jakarta,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News