Pertama dan Satu-satunya, Banyuwangi Terbaik SAKIP 2016

Pertama dan Satu-satunya, Banyuwangi Terbaik SAKIP 2016
Menteri PAN RB Asman Abnur menyerahkan hasil evaluasi SAKIP kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com -Kabupaten Banyuwangi meraih predikat terbaik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (KemenPAN-RB), dalam hal Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2016.

Hasil evaluasi SAKIP tersebut diserahkan langsung Menteri PAN-RB Asman Abnur kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, di kantor Gubernur Jawa Timur, di Surabaya, Selasa (31/1).

Kabupaten Banyuwangi ditetapkan menjadi satu-satunya kabupaten, sekaligus pertama di Indonesia yang mendapat nilai A atau tertinggi. Selama ini, belum pernah ada kabupaten yang berhasil meraih nilai A di seluruh Indonesia.

”Di Indonesia, Banyuwangi adalah satu-satunya kabupaten yang dapat A. Nggak ada temannya, saya harapkan tahun depan ada perbaikan dari daerah lain. Sudah kita cek semuanya di Banyuwangi dengan berbagai indikator dan verifikasi lapangan, termasuk tim penilai independen. Saya sendiri ke saja. Memang belum semuanya sempurna di Banyuwangi, tapi ruh perubahan dan inovasi program cukup menonjol,” ujar Menteri Asman.

SAKIP sendiri adalah sebuah sistem terintegrasi dari perencanaan, penganggaran, hingga pelaporan. Terdapat empat fokus pelaporan dan evaluasi, yaitu laporan anggaran, kinerja output program pembangunan, kinerja outcome program, dan kinerja sasaran. Paradigma pemerintahan digeser bukan lagi pada berapa anggaran yang disiapkan dan dihabiskan, tapi berapa besar kinerja yang dihasilkan.

Menurut Asman, tidak mudah untuk mendapatkan kateori A dalam penilaian SAKIP. Banyak hal yang mesti dipenuhi terkait peningkatan kinerja pemerintahan. Efektivitas kegiatan diukur dengan orientasi keberhasilan kinerja, bukan semata-mata soal anggaran.

"Kami lihat mana daerah yang efektif mengeluarkan anggaran, memiliki target dalam bekerja. Jadi SAKIP ini bukan seperti lomba atau kompetisi, tapi sejauh mana daerah menanfaatkan anggarannya secara efektif, punya target dan hasil kerja jelas,” ujar Asman.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berharap hasil evaluasi akuntabilitas kinerja ini diharapkan kian mendorong kinerja aparatur.

Kabupaten Banyuwangi meraih predikat terbaik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (KemenPAN-RB), dalam hal Sistem

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News