Pertama di Australia, Bank Sperma dan Sel Telur Gratis untuk Publik Resmi Dibuka

Pertama di Australia, Bank Sperma dan Sel Telur Gratis untuk Publik Resmi Dibuka
Bank telur dan sperma publik gratis ini adalah yang pertama di Australia. (AAP: April Fonti)
  • Singkatnya: Warga Victoria yang berharap untuk memulai sebuah keluarga akan dapat mengakses donasi sperma dan sel telur secara gratis di bank telur dan sperma publik pertama di Australia.
  • Lalu apa selanjutnya? Pemerintah mendesak warga Victoria untuk secara sukarela menyumbangkan sperma atau sel telur mereka.

Australia telah membuka bank sel telur dan sperma publik gratis pertamanya di Victoria dalam apa yang digambarkan oleh pakar kesuburan sebagai upaya "ambisius" untuk mengurangi hambatan dalam memulai sebuah keluarga.

Bank di Royal Women Hospital telah mulai menerima sumbangan sel telur dan sperma dari warga Victoria yang memenuhi syarat.

Calon orangtua yang ingin mengakses sel telur atau sperma yang disumbangkan perlu dirujuk oleh dokter umum atau spesialis mereka.

Program ini merupakan bagian dari inisiatif senilai A$120 juta yang juga mencakup layanan fertilitas publik seperti perawatan IVF, tes dan prosedur diagnostik, serta konseling.

Inisiatif ini juga akan mendukung warga Victoria yang sedang menjalani perawatan untuk kondisi medis yang dapat mengganggu kesuburan, seperti kanker, untuk membekukan sel telur atau sperma mereka.

Premier negara bagian Victoria, Daniel Andrews, mengatakan bank ini diharapkan menerima sekitar 400 donasi sperma dan sekitar 40 donasi sel telur per tahun, berjumlah hampir 3.500 siklus IVF per tahun.

"Ini akan mendukung ribuan orang di seluruh negara bagian kami untuk selangkah lebih dekat dengan impian memulai atau menambah anggota keluarga," katanya.

"Saya tidak bisa memikirkan cara yang lebih baik dan lebih penting untuk berinvestasi untuk masa depan selain memberikan layanan tersebut dengan persyaratan yang adil, di mana saldo bank Anda, kemampuan finansial Anda tidak ada hubungannya dengan mewujudkan impian itu."

Negara bagian Victoria membuka bank sel telur dan sperma publik pertama di Australia dalam upaya

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News