Pertama Kali, Astronom Berhasil Melihat Warna Exoplanet

Pertama Kali, Astronom Berhasil Melihat Warna Exoplanet
Pertama Kali, Astronom Berhasil Melihat Warna Exoplanet
PASADENA--Untuk pertama kalinya, para astronom berhasil menentukan warna sejati sebuah planet yang mengorbit bintang lain melalui teleskop. Dengan menggunakan NASA / ESA, Hubble Space Telescope, planet yang dikenal sebagai HD 189733b, diyakini memiliki warna kobalt biru. Hal itu mengingatkan warna bumi seperti yang terlihat dari angkasa.

Tapi justru di situlah akhir kesamaannya. Planet biru ini merupakan planet gas raksasa dan mengorbit sangat dekat dengan bintang induknya. Atmosfer planet ini sangat terik dengan suhu lebih dari 1000 C dan serta efek hujan kaca dengan kecepatan angin yang bertiup mencapai 7000 km per  jam.

Menurut laman courirmail (12/7), obyek yang berjarak 63 tahun cahaya dari bumi ini merupakan dunia asing yang bergolak. Merupakan salah satu exoplanet terdekat ke Bumi yang dapat dilihat menyeberangi wajah bintangnya.

Kini, para astronom menempatkan planet ini adalah subyek penting pertama dalam pengukuran pertama dari warna terlihat sebuah planet ekstrasurya. "Planet ini telah dipelajari dengan baik di masa lalu, baik kami sendiri dan tim lain," kata Fraacédaacéric Pont dari University of Exeter, Inggris, pemimpin program Hubble.

PASADENA--Untuk pertama kalinya, para astronom berhasil menentukan warna sejati sebuah planet yang mengorbit bintang lain melalui teleskop. Dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News