Pertama Kali Terekam Kamera 'Monster Ayam Tanpa Kepala' Di Samudera Selatan

Pertama Kali Terekam Kamera 'Monster Ayam Tanpa Kepala' Di Samudera Selatan
Bendera Australia. Foto: Ilustrasi

Ilmuwan dari Divisi Antartika Australia (AAD) berhasil merekam jenis teripang langka yang dikenal dengan sebutan ‘monster ayam tanpa kepala' yang sekaligus menandai pertama kalinya mahluk itu terlihat di kedalaman Samudera Selatan.

Teripang laut yang memiliki nama ilmiah Enypniastes eximia - alias 'monster ayam tanpa kepala ' – ini terekam oleh kamera bawah laut milik AAD yang baru yang dikerahkan oleh kapal penangkap ikan yang beroperasi di Antartika.

Ilmuwan peneliti di AAD, Dirk Welsford mengatakan penemuan organisme ini, yang ditemukan tengah mengambang sekitar 3 kilometer di bawah permukaan air, di lepas pantai Pulau Heard, sangat mengejutkan.

"Kami belum pernah melihat mahluk ini sebelumnya [di kawasan itu ... pada saat itu, tidak ada dari kami yang benar-benar tahu apa itu, jadi kami melakukan apa yang dilakukan banyak ilmuwan dan mencari tahu," kata Dr Welsford.

Sementara sebagian besar teripang tidak bisa berenang, monster ayam tanpa kepala mampu bergerak menyusuri kedalaman laut dan menurunkan dirinya ke dasar laut untuk mendapatkan makanan.

"Ini salah satu spesimen paling spektakuler yang pernah saya lihat," katanya.

"Mahluk ini cukup karismatik dengan gerakannya yang seakan seperti terbang melewati kamera ... dan cukup tidak biasa bahwa teripang itu bisa berenang."

Organisme pemakan plankton berwarna ungu cerah, yang memiliki sayap seperti kelelawar dan berukuran sebesar bola basket itu, hanya pernah difilmkan saru kali saja sebelumnya, di Teluk Meksiko tahun lalu.

Samudera Selatan adalah satu-satunya samudera yang mengalir sepenuhnya mengelilingi Bumi, tanpa terhalang oleh daratan yang signifikan dan merupakan rumah bagi sebagian besar hewan laut di dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News