Pertamedika IHC Buat Aplikasi Untuk Permudah Data Pasien di Cianjur

Pertamedika IHC Buat Aplikasi Untuk Permudah Data Pasien di Cianjur
PT Pertamina melalui PT Pertamina Bina Medika - Indonesia Healthcare Corporation (Pertamedika IHC) membuat aplikasi pendataan layanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah terdampak gempa Cianjur. Foto dok Pertamedika IHC

jpnn.com, CIANJUR - PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Bina Medika - Indonesia Healthcare Corporation (Pertamedika IHC) membuat aplikasi pendataan layanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah terdampak gempa Cianjur.

Dalam aplikasi MEDIFAR- singkatan dari Pertamedika IHC Disaster Fast Response, pemilik akses bisa melihat data tim kesehatan, stok obat, hingga data penyebaran lokasi, data pasien, dan rekam medisnya.

Corporate Secretary Pertamedika IHC Nerisa Pitrasari mengatakan, aplikasi MEDIFAR merupakan upaya perseroan untuk mendata layanan kesehatan yang dilakukan Pertamedika IHC Group selama menjadi relawan kesehatan di Kabupaten Cianjur.

Pada perkembangannya, aplikasi ini juga diperluas penggunaannya untuk beberapa perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang masuk dalam kluster Kesehatan BUMN, di antaranya BNI, KAI, BRI Medika, dan Biofarma, sebagai pusat data layanan kesehatan terintegrasi.

“Aplikasi MEDIFAR ini dimanfaatkan oleh tenaga medis dalam mengidentifikasi keluhan kesehatan masyarakat, sehingga menjadi sumber data kami untuk mengidenfikasi kebutuhan obat serta tim medis yang sesuai,” jelasnya.

Nerisa menjelaskan, aplikasi MEDIFAR ini dibuat dan dikembangkan secara mandiri oleh Pertamedika IHC.

Kebutuhan akan aplikasi kesehatan langsung dirasakan oleh tim Pertamedika IHC yang paska terjadinya gempa Cianjur langsung terjun aktif membuka layanan kesehatan di beberapa desa di Cianjur.

Tidak hanya tenaga medis di lapangan yang dapat merasakan manfaat aplikasi ini.

Aplikasi MEDIFAR merupakan upaya perseroan untuk mendata layanan kesehatan Pertamedika IHC Group selama menjadi relawan kesehatan di Kabupaten Cianjur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News