Pertamina Ajak UMKM Naik Kelas: Go Online dan Go Digital

Pertamina Ajak UMKM Naik Kelas: Go Online dan Go Digital
PT Pertamina (Persero) melalui Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil menyatakan sekitar 65 ribu UMKM telah bergabung menjadi mitra binaan sejak 1993. Foto: Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melalui Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil menyatakan sekitar 65 ribu UMKM telah bergabung menjadi mitra binaan sejak 1993.

Di wilayah Regional Kalimantan sendiri, pelaku UMKM yang telah bergabung menjadi Mitra Binaan Pertamina sejak tahun 1993 mencapai 4.007 mitra binaan dari berbagai sektor usaha.

Selain pendanaan, Pertamina secara rutin menggelar berbagai pelatihan dengan menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas mitra binaanya, agar mampu bersaing di skala nasional bahkan global. Terbukti sudah banyak mitra binaan kebanggaan Pertamina yang telah melebarkan usahanya hingga ke mancanegara.

Paparan di atas dibahas dalam Talkshow Radio Sonora FM 92 Jakarta “Kiat Sukses jadi UMK Go Online” yang disiarkan langsung juga dari kanal Youtube Sonora, dimana pemaparan disampaikan oleh Unit Manager Communication & CSR MOR Kalimantan, Susanto August Satria.

Dalam talkshow tersebut hadir juga narasumber seorang ekonom sekaligus pengusaha Indonesia, Budi Satria Isman, serta Ahmad Saekhu, pemilik Nasi Kebuli Balikpapan Bang Ahmad, salah satu mitra usaha unggulan Pertamina di bidang kuliner.

Satria menyebutkan Pertamina terus berupaya membantu mitra binaannya agar dapat bertahan dan bangkit dari badai pandemi Covid-19.

Pertamina mengadakan berbagai kegiatan pelatihan berbasis online dan digital.

PT Pertamina (Persero) melalui Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil menyatakan sekitar 65 ribu UMKM telah bergabung menjadi mitra binaan sejak 1993.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News