Pertamina Bisa Naikkan Produksi di Mahakam

Pertamina Bisa Naikkan Produksi di Mahakam
Pertamina Bisa Naikkan Produksi di Mahakam
JAKARTA – Kesiapan Pertamina untuk mengoperasikan blok-blok Migas di lepas pantai tak perlu diragukan. Termasuk di Blok Mahakam. Bila perusahaan nasional ini pada 2017 dipercaya menjadi operator oleh pemerintah,  Pertamina tak hanya akan mampu meningkatkan produksi, tetapi juga bisa memberikan nilai tambah  berupa pendapatan negara bukan pajak (PNBP) yang cukup signifikan bagi negara.

“Pertamina tak perlu diragukan lagi, kemampuannya dalam mengelola blok-blok Migas di offshore.  Perusahaan ini telah berpengalaman mengelola ONWJ (Offshore Nort West Java-red)  dan sekarang juga mengelola  WMO (WEST Madura Offshore),” tegas Erwin Ramedan, Dosen Presiden University di Jakarta, Senin (8/8).

Pernyataan Erwin tersebut tentu tidaklah terlalu  berlebihan,  karena setiap blok migas yang diambil alih oleh Pertamina produksinya selalu meningkat. Ambilah contohdi ONWJ sebelum diambil alih Pertamina pada 2007 produksinya sekitar 21.000 barel per hari (BOPD).

Kini produksi puncak pada 2011 telah mencapai 35.000 BOPD. Pertamina sebagai operator mempunyai target untuk meningkatkan produksi di ONWJ itu bisa mencapai di atas 40.000 BOPD dalam beberapa tahun mendatang. Pertamina memiliki sumber daya manusia yang cukup.

JAKARTA – Kesiapan Pertamina untuk mengoperasikan blok-blok Migas di lepas pantai tak perlu diragukan. Termasuk di Blok Mahakam. Bila perusahaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News