Pertamina Group Perkuat Sinergi PGN & PIS untuk Peningkatan Utilitas LNG

Pertamina Group Perkuat Sinergi PGN & PIS untuk Peningkatan Utilitas LNG
Pertamina terus mendorong percepatan program gasifikasi. Foto: Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) terus mendorong percepatan program gasifikasi sebagai inisiatif strategis menyambut transisi energi melalui sinergi Subholding Pertamina dalam peningkatan utilisasi Liquefied Natural Gas (LNG) domestik.

Direktur Utama Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyampaikan upaya tersebut diwujudkan dengan kerja sama antara PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Persero sebagai Subholding Gas dan PT Pertamina Internasional Shipping (PIS) sebagai Subholding Shipping dan Integrated Marine Logistic Company.

Kerja sama kedua belah pihak ditujukan untuk optimasi pengelolaan dan penyediaan Liquified Natural Gas (LNG) nasional yang terintegrasi di Pertamina Group.

Sinergi ditandai dengan penandatanganan Head of Agreement (HoA) kerja sama mengenai penyediaan LNG carrier dan fasilitas bunkering LNG oleh Direktur Utama PGN, M. Haryo Yunianto dan Direktur Utama PIS, Erry Widiasto disaksikan Direktur Utama Pertamina (Persero), Nicke Widyawati pada Jumat, (25/06).

Kerja sama ini diproyeksikan akan meningkatkan pemanfaatan volume LNG hingga 270 BBTUD.

Adapun kerja sama mencakup dua hal, pertama penyediaan LNG carrier (kapal LNG) oleh PIS dan sarana pendukungnya untuk memenuhi kebutuhan proyek serta kegiatan trading LNG PGN.

Kedua, penyediaan LNG dan fasilitas bunkering oleh PGN guna konversi kapal-kapal PIS yang menggunakan BBM menjadi bahan bakar berbasis LNG.

Pilot project ditargetkan pada lima kapal support vessel (new built) milik PIS.

Pertamina terus mendorong percepatan program gasifikasi sebagai inisiatif strategis menyambut transisi energi melalui sinergi Subholding Pertamina dalam peningkatan utilisasi Liquefied Natural Gas (LNG) domestik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News