Pertamina Hulu Rokan Memburu Cadangan Minyak di Sumur Mibasa dan Pinang East

Pertamina Hulu Rokan Memburu Cadangan Minyak di Sumur Mibasa dan Pinang East
Salah satu pengeboran di wilayah kerja Pertamina Hulu Rokan. Foto: ilustrasi/dokumentasi humas Pertamina

jpnn.com, PEKANBARU - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) sebagai bagian dari subholding upstream Pertamina terus berupaya meningkatkan produksi dalam mendukung pencapaian target nasional 1 juta barel minyak per hari (BOPD) di tahun 2030.

Eksplorasi terus ditingkatkan hingga penghujung 2023 dengan melakukan tajak Sumur Mibasa di Minas, Kabupaten Siak.

Selain itu, dalam waktu dekat akan dilakukan pula tajak di Pinang East di Kepenghuluan Teluk Nilap, Kecamatan Kubu Babusalam, Rokan Hilir.

Pengeboran Sumur Mibasa dilakukan setelah melalui kajian potensi migas dengan menyasar target reservoir (tempat cadangan migas) pada formasi Basement dan Telisa.

Basement merupakan lapisan batuan dasar yang pada umumnya tidak menjadi target pengeboran sebelumnya, sedangkan lapisan Telisa yang berada pada lapisan batuan penutup atau tudung (dalam istilah perminyakan).

Setelah dilakukan kajian mendalam, kedua lapisan ini memiliki potensi cadangan minyak cukup besar dan menjanjikan.

Ini merupakan salah satu metode dan teknologi baru yang dilakukan PHR dalam upaya menambah cadangan minyak di wilayah kerja yang sudah mature (matang).

Proses pengeboran lapisan Telisa relatif dangkal menggunakan rig dengan kedalaman 1.360 ft.

Upaya tingkatkan produksi, Pertamina Hulu Rokan memburu cadangan minyak di Sumur Mibasa dan Pinang East. mohon doanya semoga berhasil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News