Pertamina Ingin Jadi Pemain Kelas Dunia Penghasil Listrik Berbasis Panas Bumi

Pertamina Ingin Jadi Pemain Kelas Dunia Penghasil Listrik Berbasis Panas Bumi
Senior Vice President Research Technology and Innovation Pertamina Oki Muraza saat berbicara dalam diskusi di Paviliun Indonesia di COP-27, Sharm el Sheikh, Mesir, Selasa (8/11). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, MESIR - PT Pertamina (Persero) ingin menjadi pemain kelas dunia untuk menghasilkan listrik hijau berbasis tenaga panas bumi.

Keinginan tersebut diwujudkan dengan mengupayakan sejumlah pengembangan inovasi teknologi untuk peningkatan pemanfaatan panas bumi.

"Kami mempunyai tujuan untuk menjadi pemain kelas dunia untuk panas bumi. Ada peluang, karena masih kurang dari sepuluh persen yang dimanfaatkan dari total potensi yang dimiliki Indonesia," kata Senior Vice President Research Technology and Innovation Pertamina Oki Muraza dalam diskusi di Paviliun Indonesia di COP-27, Sharm el Sheikh, Mesir, Selasa (8/11).

Dia menyampaikan Indonesia mempunyai potensi hampir 24 GW panas bumi.

Sementara itu, hanya kurang dari 10 persen dari potensi tersebut yang baru dimanfaatkan sehingga masih ada peluang yang besar untuk lebih meningkatkan kapasitas pemanfaatan panas bumi dalam menghasilkan listrik hijau.

Selain untuk meningkatkan bauran energi terbarukan dalam proporsi energi listrik nasional Indonesia, upaya peningkatan kapasitas listrik berbasis panas bumi juga mendukung target Indonesia untuk mencapai emisi nol bersih pada 2060.

Riset dan pengembangan inovasi teknologi untuk pemanfaatan panas bumi yang dilakukan Pertamina meliputi bidang eksplorasi, pengembangan, operasi-produksi dan digitalisasi.

Saat ini, Pertamina sedang mengembangkan teknologi yang lebih baik di bidang eksplorasi, dapat menyediakan studi komprehensif tentang geosains serta mengembangkan metode baru yang memungkinkan untuk diterapkan di industri panas bumi.

Pertamina ingin menjadi pemain kelas dunia untuk menghasilkan listrik berbasis panas, ada peluang yang sangat besar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News