Pertamina International Shipping Tambah 11 Armada Kapal Tanker

Pertamina International Shipping Tambah 11 Armada Kapal Tanker
Kapal milik Pertamina International Shipping (PIS). Foto dok PIS

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina International Shipping (PIS) terus menambah armada kapal tanker secara agresif selama empat tahun terakhir.

Hingga 2025, PIS ditargetkan memiliki 130 armada kapal tanker.

“Penambahan armada kapal tanker dilakukan untuk memperkuat distribusi energi dan ketahanan energi nasional, sekaligus ekspansi perusahaan di pasar global untuk market non captive,” ujar Corporate Secretary PIS Muh Aryomekka Firdaus, Senin (16/10).

Aryomekka memaparkan, PIS mencatat penambahan sebanyak 11 armada kapal tanker sejak 2019 hingga September 2023.

Dari 11 armada kapal tersebut, dua di antaranya adalah kapal Very Large Crude Carrier (VLCC) Pertamina Pride dan Pertamina Prime yang dibangun secara mandiri dan peresmiannya disaksikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pada awal 2021 lalu.

“Kedua kapal VLCC tersebut juga masuk dalam daftar kapal terbesar dunia, yang sejak beroperasi di tahun 2021 telah berlayar di beberapa negara di dunia,” terang Aryomekka.

Selain dua kapal VLCC Pertamina Pride dan Pertamina Prime, di awal 2023 PIS juga menambah deretan kapal raksasanya dengan akuisisi kapal Very Large Gas Carrier (VLGC) Pertamina Gas Amaryllis, yang merupakan kapal gas ramah lingkungan terbesar dunia.

“Kapal Pertamina Gas Amaryllis merupakan kapal tanker dual fuel yang pertama dimiliki Indonesia, dan merupakan wujud komitmen PIS dalam mendukung program transisi energi pemerintah,” kata Aryomekka.

Pertamina International Shipping (PIS) mencatat penambahan sebanyak 11 armada kapal tanker sejak 2019 hingga September 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News