Pertamina Kolaborasi Pemasaran Antar-BUMN

Pertamina Kolaborasi Pemasaran Antar-BUMN
llustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - jpnn.com - PT Pertamina Marketing Operation Regional V menjadi tuan rumah penyelenggaraan BUMN Marketeers Club Ke-34 di Surabaya, Rabu (24/1).

Dalam kesempatan tersebut, Pertamina dan jajaran BUMN lain saling sharing mengenai inovasi marketing pada 2017.

General Manager PT Pertamina Marketing Operation Region V Ageng Giriyono menyampaikan, untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompetitif, saling ’’buka dapur’’ inovasi antarperusahaan bukan lagi sesuatu yang asing.

Manuver kolaborasi justru dianggap perlu dilakukan untuk melayani kebutuhan konsumen yang meningkat.

’’Masing-masing BUMN ini kan mempunyai kelebihan. Jadi, satu sama lain diharapkan bisa saling mengisi. Tak hanya terbatas bagi yang bergerak di energi, tapi semuanya,’’ jelas Ageng saat ditemui di kantor Pertamina di Jagir, Surabaya.

Ageng mencontohkan, sejauh ini, Pertamina sering merintis upaya kolaborasi dengan berbagai pihak seperti perbankan untuk mengembangkan layanan berbasis nontunai.

’’Misalnya, untuk distribusi tertutup elpiji, Pertamina sudah menggunakan sistem kartu. Dalam sistem itu, masyarakat dapat membeli elpiji tanpa transaksi tunai,’’ katanya.

Selain menggandeng mitra sesama BUMN, lanjut Ageng, pihaknya sangat terbuka untuk bekerja sama dengan perusahaan nonfuel retail.

PT Pertamina Marketing Operation Regional V menjadi tuan rumah penyelenggaraan BUMN Marketeers Club Ke-34 di Surabaya, Rabu (24/1).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News