Pertamina Lakukan Digitalisasi SPBU Melalui Teknologi ATG Custody Transfer

Pertamina Lakukan Digitalisasi SPBU Melalui Teknologi ATG Custody Transfer
Peresmian penerapan teknologi ATG Custody Transfer di SPBU. Foto: Dok Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) meresmikan penerimaan perdana bahan bakar minyak (BBM) dengan Automatic Tank Gauge (ATG) Custody Transfer, di tangki pendam Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Melalui teknologi ATG Custody Transfer di SPBU ini, penerimaan BBM di SPBU akan tercatat secara terintegrasi dalam sistem monitoring di Pertamina sejalan dengan upaya peningkatan digitalisasi SPBU Perseroan.

Kegiatan penerimaan dilakukan di SPBU COCO 3110303, Jalan Cikini Raya, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (1/9).

Sebelum penerapan ATG Custody di SPBU, Direktur Rekayasa dan Infrastruktur Darat PT Patra Niaga Nur Muhamad Zain menjelaskan teknologi lebih dahulu diberlakukan di mobil tanki.

Saat serah terima, pencatatan stok BBM dilakukan berdasarkan data kuantitas mobil tangki tersebut.

"Dengan penambahan sistem ATG Custody Transfer di tangki pendam SPBU ini, sistem yang terintegrasi akan mendeteksi kedua Custody yakni di mobil tangki dan di titik serah SPBU," jelasnya melalui keterangan tertulis.

"Sistem digital ini dapat meningkatkan pendataan dan termonitor secara langsung di Pertamina."

Senada itu, President Director PT Pertamina Retail Iin Febrian menambahkan soal penerapan ATG Custody di SPBU ini menjadi capaian baru dalam peningkatan digitalisasi SPBU.

Pertamina mulai melakukan digitalisasi jaringan SPBU melalui penerapan teknologi Automatic Tank Gauge (ATG) Custody Transfer.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News