Pertamina Mandalika International Circuit jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Pertamina Mandalika International Circuit jadi Magnet Pariwisata Olahraga
Sirkuit Mandalika, Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto: Friederich Batari/JPNN.com

jpnn.com, MANDALIKA - Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney) bersama anak usahanya InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) berkomitmen memperkuat posisi Mandalika sebagai magnet pariwisata olahraga ke mata dunia.

Kawasan The Mandalika diperkuat dengan hadirnya Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB, yang memiliki lintasan sepanjang 4.31km dengan 17 tikungan serta menggunakan motif budaya khas Lombok yakni Tenun Sasak di area run-off.

Berbagai event telah diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Circuit, salah satunya ajang balap motor bergengsi tingkat dunia yakni MotoGP yang telah dua kali diselenggarakan yaitu pada 2022 dan 2023.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono menegaskan pihaknya sangat serius menggali potensi dan memperkuat posisi Mandalika sebagai sport and entertainment tourism yang berkesinambungan.

“Di tahun ini, Pertamina Mandalika International Circuit sudah terpesan 200 hari untuk event-event otomotif. Pemerintah sangat serius dalam mengaktivasi sirkuit ini, tidak hanya digunakan sebagai ajang balap motor roda dua saja, namun juga kita optimalkan untuk dapat digunakan sebagai ajang balapan roda empat,” tegas Maya.

Sebelumnya, Porsche Sprint Challenge Indonesia sukses diselenggarakan dan akan menjadi signature events di Mandalika.

Selanjutnya, Japan Domestic Market (JDM) akan diadakan pada 28 April – 1 Mei 2024 dan menjadi yang pertama digelar di Mandalika.

“Kami ingin Pertamina Mandalika International Circuit ini menjadi bagian dari country branding serta memberikan multiplier effects bagi masyarakat Lombok. Oleh karena itu, kami menjadikan sirkuit ini menjadi ‘magnet’ utama pariwisata yang inklusif di Mandalika. Sirkuit dapat dibuka dan dapat dinikmati oleh masyarakat sehingga pengunjung bisa datang dan merasakan sensasi driving di sirkuit dengan mobil Radikal. Selain itu, sirkuit juga dibuka untuk Community Track Experience seperti yang telah diselenggarakan yakni Mini Cooper Jaksel, komunitas mobil listrik, Mandalika Drift, dan sebagainya,” tambah Maya.

InJourney Persiapkan Kehadiran Puluhan Mobil Sport Jepang yang Akan Berlaga di Sirkuit Mandalika 28 April – 1 Mei mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News