Ini Rahasia Meningkatkan Imun dengan Mudah

Ini Rahasia Meningkatkan Imun dengan Mudah
American Physiological Society di Long Beach, California membawa harapan baru bagi orang-orang yang ingin membentuk kekebalan tubuh atau imun. Ilustrasi olahraga: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan orang dewasa untuk setidaknya 150 menit aktivitas fisik sedang per minggu atau 75 menit aktivitas fisik berat untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Namun, dari studi baru yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan utama American Physiological Society di Long Beach, California tersebut membawa harapan baru bagi orang-orang yang ingin membentuk kekebalan tubuh, tetapi tidak punya waktu yang cukup lama untuk berolahraga.

Dilansir dari Medical Daily, ternyata olahraga ringan selama 15 menit dapat meningkatkan kekebalan dengan meningkatkan kadar sel pembunuh alami bernama raising natural killer (NK), sejenis sel darah putih yang berfungsi sebagai garis pertahanan awal sistem kekebalan.

Studi itu menjelaskan bahwa sel itu dapat menargetkan dan membunuh sel-sel berbahaya, bahkan tanpa paparan patogen sebelumnya. Ibaratnya, mereka mencari dan menghancurkan sel-sel yang terinfeksi, termasuk sel-sel kanker di dalam tubuh.

Hal tersebut sudah diketahui dalam studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa olahraga betul dapat meningkatkan kadar sel pembunuh alami dalam aliran darah, sehingga meningkatkan imun.

“Memobilisasi lebih banyak sel-sel ini dapat melindungi tubuh terhadap infeksi, mengurangi kemungkinan berkembangnya penyakit tertentu, dan membantu meningkatkan hasil penyakit dengan mengendalikan infeksi secara lebih efektif,” kata penulis utama studi Rebekah Hunt dalam sebuah rilis berita.

Menurut Rebekah, para peneliti perlu mengevaluasi 10 sukarelawan berusia 18 hingga 40 tahun, yang bersepeda intensitas sedang selama 30 menit dengan sepeda stasioner. Sebelum memulai setiap sesi dan dengan interval 15 dan 30 menit selama sesi, sampel darah diambil dari para sukarelawan.

Hasil pemeriksaan darah mereka menunjukkan bahwa sel pembunuh itu meningkat setelah 15 menit berolahraga, tetapi tidak meningkat lebih lanjut setelah 30 menit bersepeda.

American Physiological Society di Long Beach, California membawa harapan baru bagi orang-orang yang ingin membentuk kekebalan tubuh atau imun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News