Pertamina Naikan Harga Elpiji 12 Kg Bulan Ini

Pertamina Naikan Harga Elpiji 12 Kg Bulan Ini
Pertamina Naikan Harga Elpiji 12 Kg Bulan Ini. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - PT Pertamina berencana menaikkan harga Elpiji non subsidi 12 Kg pada pertengahan Agustus tahun ini. Adapun besaran kenaikan harga Elpiji 12 Kg tersebut mencapai, Rp 1.000-Rp 1.500 per kg.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Ali Mundakir menjelaskan bahwa rencana kenaikan Elpiji 12 Kg tersebut sudah dimasukkan ke dalam rencana bisnis perusahaan. Di mana, kenaikan gas Elpiji 12 Kg dilakukan sebanyak dua kali dalam setahun, yakni pada 15 Januari 2014 dan tahap kedua dilakukan pada awal Juli 2014.

"Tapi kan kenaikan gas Elpiji 12 Kg tertunda karena perusahaan mendapatkan masukan dari stakeholders (pemangku kepentingan) supaya menunda kenaikan gas elpiji 12 kg, mengingat Juli lalu bertepatan dengan puasa, Lebaran dan masuknya anak sekolah," papar Ali saat ditemui di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (13/8).

Ali menjelaskan, harga gas Elpiji 12 Kg milik Pertamina dengan tiga perusahaan swasta memiliki selisih atau gap sekitar Rp 8.000. Di mana perusahaan swasta membanderol harga gas 12 Kg sebesar Rp 15.000 per Kg, sedangkan Pertamina hanya Rp 6.500 per Kg.

"Setelah mendapatkan masukan, kita putuskan di media Agustus tahun ini. Nah ini timingnya yang sedang kita kaji. Nanti pada saatnya kita akan sampaikan kepada masyarakat," ungkap Ali.

Atas kenaikan harga Elpiji 12 kg ini, pihaknya memastikan tidak akan mempengaruhi inflasi, karena pengguna gas Epiji 12 Kg rata-rata berasal dari kalangan kelas menengah. Terlebih, selama semester I tahun ini, Pertamina harus menelan kerugian sebesar Rp 2,81 triliun.

"Kenaikan gas Elpiji itu untuk menutupi kerugian perusahaan," tandas Ali. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - PT Pertamina berencana menaikkan harga Elpiji non subsidi 12 Kg pada pertengahan Agustus tahun ini. Adapun besaran kenaikan harga Elpiji


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News