Pertamina Operasikan 76 Green Energy Station, SPBU Berkonsep Ramah Lingkungan

Pertamina Operasikan 76 Green Energy Station, SPBU Berkonsep Ramah Lingkungan
PT Pertamina Patra Niaga memperkenalkan 76 Green Energy Station (GES). Foto: Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina Patra Niaga memperkenalkan 76 Green Energy Station (GES).

Hal itu sebagai usaha Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) tersebut melakukan percepatan komitmen dan kontribusi transisi energi di sisi hilir.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga SH C&T PT Pertamina (Persero) Alfian Nasution menjelaskan bahwa GES adalah sebuah konsep baru, layanan terintegrasi bagi masyarakat sebagai konsumen di SPBU Pertamina.

Adapun empat konsep utama tersebut yakni Green, Future, Digital, dan High Tier Fuel sebagai komitmen Pertamina dalam mendukung Grand Strategi Nasional yang telah ditetapkan pemerintah, khususnya pada program transisi energi dan operasional yang lebih ramah lingkungan.

Ke-76 GES ini tersebar di beberapa wilayah, diantaranya 3 titik di Lampung, 43 titik di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat, 13 titik di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, serta 17 titik di Jawa Timur.

Alfian menjelaskan konsep Green ini terkait penggunaan Solar Photo Voltaic (PV) atau pembangkit listrik tenaga Surya (PLTS) sebagai salah satu sumber energi mandiri dan ramah lingkungan.

Solar PV memberikan dampak yang cukup signifikan untuk mengurangi polusi, efek rumah kaca, dan efisiensi biaya operasional SPBU.

"Untuk SPBU dengan kapasitas Solar PV 6.3 Kwp, rata-rata penghematan per bulannya sekitar 12,5 persen dari total penggunaan listrik untuk operasional,” lanjut Alfian.

PT Pertamina Patra Niaga memperkenalkan 76 Green Energy Station (GES), SPBU berkonsep ramah lingkungan dalam rangka komitmen transisi energi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News