Pertamina Pastikan Pasokan dan Distribusi BBM & LPG Aman di Masa Mudik Lebaran

Pertamina Pastikan Pasokan dan Distribusi BBM & LPG Aman di Masa Mudik Lebaran
Konsumsi BBM meningkat seiring lonjakan jumlah pemudik tahun ini. Namun, Pertamina memastikan pasokan dan distribusi BBM aman di masa mudik Lebaran. Foto: Dokumentasi Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati memastikan kesiapan pihaknya dalam berbagai hal menjelang Lebaran Idulfitri 2022.

Dia menegaskan Satuan Tugas Ramadan dan Idulfitri (Satgas RAFI) Pertamina 2022 yang sudah dibentuk dan efektif berjalan sejak 11 April-10 Mei siap mengamankan pasokan dan distribusi BBM dan LPG selama arus mudik Lebaran tahun ini.

Terkait dengan arus mudik tahun ini, Nicke mengatakan diperkirakan akan mengalami lonjakan, terlebih setelah 2 tahun masa pandemi masyarakat tidak bisa mudik ke kampung halaman.

“Meski akan ada lonjakan jumlah pemudik, seluruh pekerja Pertamina mulai dari hulu, kilang, perkapalan, pemasaran hingga gas bekerja bersama untuk memastikan kebutuhan energi masyarakat terpenuhi dengan baik," kata Nicke melalui keterangan yang diterima Selasa (26/4).

Dia menyampaikan semua data bisa dipantau secara real time lewat Integrated Enterprise Data and Center Command (IEDCC) yang merupakan pusat informasi penyaluran energi mulai dari upstream, kilang, perkapalan, terminal BBM hingga SPBU selama 24 jam.

Nicke menyampaikan berdasarkan prediksi pemerintah, terdapat sekitar 85,5 juta pemudik dan 33 juta mobil yang akan bergerak di seluruh Indonesia selama arus mudik Lebaran 2022.

Untuk stok dan penyaluran BBM dan LPG Pertamina, Nicke mengatakan secara umum saat ini dalam kondisi aman dan berjalan lancar, bahkan Pertamina menyiapkan tambahan stok sesuai dari perhitungan proyeksi rata-rata konsumsi untuk masing-masing produk.

Data dari Satgas RAFI Pertamina 2022, produk Gasoline di masa Ramadan dan Idulfitri 2022 diperkirakan meningkat 11 persen dari tahun lalu, yaitu dari 90 ribu KL per hari menjadi 100 ribu KL per hari.

Pertamina memastikan pasokan dan distribusi BBM mauoun LPG aman di masa mudik Lebaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News