Puncak Konsumsi Avtur Diprediksi Terjadi pada H-5 Lebaran

Puncak Konsumsi Avtur Diprediksi Terjadi pada H-5 Lebaran
Bandara. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina memproyeksikan konsumsi avtur mencapai puncaknya pada H-5 dan H+7 Idul Fitri 2018.

Meski begitu, berbagai langkah kesiapan sudah dilakukan perseroan untuk memastikan kelancaran pasokan bahan bakar pesawat tersebut.

Kenaikan avtur selama arus mudik 2018 diperkirakan meningkat sekitar 5 persen dari rata-rata normal 15.606 KL menjadi 16.333 KL per hari.

“Pada puncaknya pada H-5 Idul Fitri kami perkirakaan konsumsinya mencapai 17.388 KL per hari, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya pemudik menggunakan pesawat untuk melakukan perjalanan mendekati lebaran,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito.

Untuk menjaga stok avtur, sejak H-30 Pertamina menambah frekuensi supplai tanker ke Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) maupun Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM).

Pertamina juga memastikan kesiapan dan kehandalan sarana dan fasilitas di DPPU, memastikan kesiapan RAE Supply (Regular, Alternative & Emergency) di mana seluruh Region melakukan simulasi RAE di wilayah masing-masing, khususnya untuk DPPU utama yang menjadi jalur mudik.

Baik di wilayah Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

"Untuk wilayah Jakarta, Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kusuma diperkiraaan mengalami peningkatan besar, karena menjadi konsentrasi pemudik dari Jakarta ke berbagai daerah lainnya," tandasnya.(chi/jpnn)


Untuk menjaga stok avtur, sejak H-30 Pertamina menambah frekuensi supplai tanker ke Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) maupun Terminal Bahan Bakar Minyak.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News