Pertamina Raih Rekor MURI Pemberdayaan UMKM Wanita Terbanyak Melalui Toko Digital

Pertamina Raih Rekor MURI Pemberdayaan UMKM Wanita Terbanyak Melalui Toko Digital
Direktur Operasional MURI Jusuf Ngadri (kanan) menyerahkan penghargaan kepada Pertamina atas rekor rekor pemberdayaan UMKM perempuan terbanyak melalui toko digital yang diwakili Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini. Foto: Dokumentasi Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Pertamina berhasil meraih rekor MURI untuk kategori pemberdayaan UMKM wanita terbanyak melalui toko digital pada gelaran SMEXPO Show Case 2021.

Pjs Senior Vice President Corporate Communication and Investor Relations PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman mengatakan Pertamina sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia memiliki peran penting untuk turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha kecil, koperasi, dan masyarakat.

Fajriyah menyampaikan Pertamina telah menyalurkan modal usaha dan pembinaan kepada para UMKM binaan sejak 1993.

"Bantuan kemitraan telah disalurkan kepada lebih dari 65 ribu mitra binaan di seluruh wilayah Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke,” sebut Fajriyah.

Untuk terus mendukung pelaku UMKM wanita, Pertamina dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) serta Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) akan berkolaborasi untuk memperluas Program Pinky Movement kepada 30 ribu lebih pengusaha wanita Indonesia.

Program Pinky Movement itu menyasar anggota IWAPI di seluruh Indonesia yang memiliki unit outlet LPG di sektor perdagangan dan unit UMKM pengguna LPG di sektor kuliner, industri, dan sebagainya.

Program ini mencakup pembiayaan murah dan pembinaan peningkatan kompetensi agar anggota IWAPI dapat menjadi UMKM naik kelas.

Beberapa kriteria yang harus dipenuhi seperti peningkatan kapasitas produksi, memperoleh sertifikat dan izin usaha, peningkatan omzet, dan pemasaran produk hingga ke luar daerah atau negara.

Rekor MURI kembali diraih Pertamina, kali ini untuk kategori pemberdayaan UMKM wanita terbanyak melalui toko digital

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News