Pertamina Sediakan Paket Baterai Motor Listrik

Pertamina Sediakan Paket Baterai Motor Listrik
Pertamina kembangkan paket baterai motor listrik. Foto: ilustrasi/dok Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT. Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT. Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) dan Pertamina Patra Niaga, mengembangkan paket baterai (battery pack) untuk sepeda motor listrik.

Kolaborasi dua anak usaha Pertamina bersama produsen kendaraan listrik Electrum itu disepakati sebagai bagian dari upaya mendukung terbentuknya ekosistem kendaraan listrik yang baik.

"Indonesia memiliki potensi dan peluang yang besar untuk menjadi pemimpin di industri baterai untuk kendaraan listrik, kerja sama antarpihak akan makin mempercepat terbentuknya ekosistem kendaraan listrik," tutur Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Pertamina NRE Fadli Rahman, dalam pernyataannya, Selasa.

"Jika ekosistem kendaraan listrik sudah terbentuk dan solid, transisi energi akan lebih cepat terwujud."

Kerja sama itu merupakan lanjutan dari penandatanganan pokok-pokok kerja sama tentang ekosistem kendaraan listrik yang dilakukan antara Pertamina NRE dan Electrum pada KTT G20 Bali 2022.

Melalui kerja sama itu, ketiga pihak tersebut akan melengkapi rantai pasok produksi baterai di Indonesia beserta mendukung hilirisasi produk baterai sel.

Dengan terwujudnya ekosistem kendaraan listrik, kelengkapan fasilitas pendukung, serta sarana prasarana lainnya yang telah terorganisasi dengan baik, maka masyarakat akan makin mudah beralih ke kendaraan listrik.

Di hilir, Pertamina memiliki kekuatan di jaringan distribusi ritel, salah satunya yaitu SPBU yang dikelola oleh Pertamina Patra Niaga dan berjumlah lebih dari 5.000 yang tersebar di seluruh Indonesia.

PT. Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) dan Pertamina Patra Niaga, mengembangkan paket baterai (battery pack) untuk sepeda motor listrik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News