Pertamina Siap Amankan BBM - LPG Selama Ramadan

Pertamina Siap Amankan BBM - LPG Selama Ramadan
Ilustrasi SPBU. Foto: Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina mempersiapkan diri menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1439 H dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) BBM & LPG Idul Fitri 2018.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito menjelaskan Satgas BBM ini bertugas mengawal ketersediaan dan kelancaran distribusi ke seluruh wilayah NKRI serta melayani kebutuhan BBM & LPG bagi masyarakat, khususnya pemudik selama puasa dan Idul Fitri 2018.

Satgas BBM ini akan mulai aktif bekerja pada H-15 hingga H+15 Idul Fitri.

Adiatma mengatakan, Pertamina sudah melakukan evaluasi adanya peningkatan konsumsi BBM dan LPG, serta memastikan ketersediaan BBM dan LPG bagi masyarakat selama puasa, arus mudik maupun arus balik.

"Menghadapi puasa dan Idul Fitri 2018 melakukan langkah persiapan dimulai dari penyediaan stok BBM. Sementara nanti pada saat jelang arus mudik balik akan dilakukan penambahan armada mobil tangki beserta awaknya, membuat kantong BBM di SPBU sebagai BBM cadangan, menyiapkan BBM kemasan serta SPPBE Kantong,” tutur Adiatma.

Selama Puasa dan Idul Fitri 2018 konsumsi BBM harian secara nasional diperkirakan naik rata-rata 15 persen. Mengantasipasi hal tersebut, Pertamina akan meningkatkan stok dan penyaluran BBM selama Puasa dan Idul Fitri dari rata-rata harian normal gasoline 90 ribu kiloliter menjadi 104 ribu kiloliter per hari.

“Kenaikan tertinggi diperkirakan terjadi pada puncak arus mudik, 9 dan 13 Juni 2018  dengan kenaikan 32 persen dan 29 persen dari konsumsi normal. Sedangkan arus balik pada 19 Juni 2018 yang diperkirakan mencapai 28 persen,” papar Adiatma.

Pertamina, telah mengantisipasi jumlah pemudik 2018 yang diperkirakan meningkat 11 – 13 persen dari tahun lalu.

PT Pertamina sejauh ini sudah melakukan evaluasi adanya peningkatan konsumsi BBM dan LPG.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News