Pertamina Teruskan Percepatan Energi Terbarukan di Kampung Keberagaman Merbabu Asih

Pertamina Teruskan Percepatan Energi Terbarukan di Kampung Keberagaman Merbabu Asih
PT Pertamina (Persero) meneruskan jejak percepatan energi terbarukan di Kampung Keberagaman Merbabu Asih, Kota Cirebon, Jawa Barat. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) meneruskan jejak percepatan energi terbarukan di Kampung Keberagaman Merbabu Asih, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Sebagai Kampung Proklim (Program Kampung Iklim), masyarakat Kampung Keberagaman Merbabu Asih, RW 08, Kelurahan Larangan, Kota Cirebon, telah memanfaatkan energi terbarukan dalam kegiatan perekonomian dan lingkungan warga sekitar. 

Manfaat ini dirasakan melalui instalasi energi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), yang merupakan bagian dari program Desa Energi Berdikari (DEB) PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ).

Panel surya ini telah mendukung beragam kegiatan perekonomian masyarakat Kampung Keberagaman, seperti kegiatan membatik ProKlim, pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), budidaya hidroponik, dan pembuatan biopori dan zona oksigen, serta bank sampah. 

Head Communication, Relation, & CID Zona 5 PHE ONWJ Subholding Upstream Pertamina Regional Jawa R. Ery Ridwan mengatakan manfaat yang dirasakan ini sejalan dengan komitmen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan. 

“Kampung Keberagaman memiliki potensi besar yang dapat dikembangkan, khususnya dari hal kebutuhan energi," ujar Ery.

Karena itu, lanjut dia, pemasangan panel surya ini dilakukan. 

Selain itu, memenuhi kebutuhan energi, hal ini juga dapat terus mempercepat transisi energi terbarukan, hingga menciptakan kemandirian energi dan ekonomi masyarakat sekitar.

Pertamina meneruskan jejak percepatan energi terbarukan di Kampung Keberagaman Merbabu Asih, Kota Cirebon, Jawa Barat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News